Urutan Ibadah Umroh yang Perlu Anda Ketahui

Untuk anda yang ingin melakukan ibadah haji mungkin perlu sedikit menunggu lebih lama karena memang saat ini telah diberlakukan sistem kuota. Untuk itu sebagai alternatif anda bisa melakukan ibadah umroh. Umroh bisa disebut juga sebagai haji kecil dan perbedaan dari ibadah haji dan umroh adalah terletak pada waktu dan tempat pelaksanaannya.

Ibadah umroh ini bisa kita lakukan kapan saja kecuali pada hari-hari tertentu seperti hari Arafah 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik tanggal 11, 12, 13 Zulhijah, sedangkan seperti kita ketahui untuk ibadah haji hanya bisa dilakukan pada 1 Syawal hingga 13 Zulhijah. Terkait masalah biaya umroh juga cukup beragam, tergantung dari paket umroh yang kita pilih dan untuk lebih lengkapnya anda bisa lihat atau klik di website ini!

Sebelum anda melakukan umroh, sangat penting untuk mengetahui bagaimana urutan ibadah umroh yang baik dan benar sesuai ketentuan agama. Dan berikut ini adalah tata cara atau urutan ibadah umroh yang perlu anda ketahui :

1. Membersihkan diri dengan mandi besar

Sebelum menuju ke Miqat kita dianjurkan untuk mandi besar guna membersihkan semua hadast di badan kita. Selain itu kita juga bisa memakai wangi-wangian dan berwudhu sebelum berangkat.

2. Menggunakan pakaian ihram dan niat dari Miqat

Selanjutnya adalah kita mengenakan pakaian ihram, untuk laki-laki adalah dengan menggunakan 2 lembar kain sebagai sarung dan penutup pundah. Sedangkan bagi wanita adalah dengan menutup seluruh bagian tubuhnya.

3. Membaca Talbiyah selama perjalanan menuju Mekkah

Dalam perjalanan dari miqat menuju mekkah kita dianjurkan untuk selalu membaca kalimat talbiyah, yang berbunyi seperti : “Labbaik allahumma labbaik. labbaik laa syariika laka labbaik. innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak”.

4. Masuk Masjidil Haram dan mencium Hajar Aswad

Ketika masuk masjidil haram maka kita melakukan adab masuk masjid sesuai sunah yaitu membaca doa masuk masjid dan mendahulukan kaki kanan. Setelah itu kita menghadap hajar aswad untuk mengusap dan menciumnya, namun apabila tidak memungkinkan maka kita bisa cukup dengan memberikan isyarat lambaian tangan.

5. Tawaf 7 kali

Urutan selanjutnya adalah tawaf 7 kali yang dimulai dari hajar aswad dan berakhir di hajar aswad pula. Disunahkan pada 3 putaran pertama untuk berlari-lari kecil dan sisanya berjalan seperti biasa.

6. Sholat 2 rakaat di depan makam Nabi Ibrahim

Urutan ibadah umroh selanjutnya adalah melakukan sholat 2 rakaat di depan makam Nadi Ibrahim, dimana pada rakaat pertama dianjurkan membaca surat Al Kaafirun dan Al Ikhlas di rakaat kedua.

7. Beristirahat dan minum air zam-zam

Seusai shalat 2 rakaat kita beristirahat dan minum air zam-zam, dengan membaca doa sebelum minum yaitu : “Allahumma inni asaluka ilman nafian wa rizqon waasian wa syifaan min kuli daain wa saqomin bi rohmatika yaa arhamar roohimiin”.

8. Sa’i sebanyak 7 kali

Urutan ibadah umroh selanjutnya adalah Sa’i yang dilakukan sebanyak 7 putaran dimulai dari Bukit Shafa dan berakhir di Bukit Marwah. Ketika mendekati Bukit Shafa diperintahkan untuk membaca doa sa’i.

9. Tahallul sampai selesai

Yang terakhir adalah tahallul atau memotong rambut di bukit marwah. Bagi laki-laki dinajurkan memotong rambut sampai habis sedangkan bagi wanita adalah memotong rambut minimal sebanyak 3 helai.

Demikian tadi adalah urutan ibadah umroh yang sesuai sunah dan ketentuan agama, dengan melakukannya sesuai urutan diharapkan menjadikan ibadah umroh yang kita lakukan diterima dan sah. Semoga saja informasi pada artikel kali ini bermanfaat untuk anda semuanya dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya, terima kasih.

Leave a Comment