Tips Foto Makanan Agar Terlihat Menarik Dan Instagramable

Makanan kini bukan hanya sebagai pengisi perut belaka tapi juga dijadikan subjek foto yang menarik untuk konten instagram. Food photography tidak hanya digunakan untuk kebutuhan iklan makanan atau restoran, semenjak meningkatnya penggunaan sosial media khususnya instagram, banyak orang yang berlomba-lomba membuat foto yang menarik tak terkecuali foto makanan.

Jika kamu ingin menghasilkan foto makanan agar tampak lebih menarik, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan foto makanan agar terlihat instagramable.

Tips Foto Makanan

1. Konsep Sederhana

Langkah awal untuk kamu yang ingin menghasilkan foto makanan yang menarik yaitu dengan menentukan konsep foto nya sendiri. Sebagai pemula, jika kamu ingin membuat food photography di rumah kamu sendiri, buatlah konsep foto yang sederhana dulu.

Kamu bisa menggunakan peralatan dapur seperti piring, sendok, garpu dan alat makan atau alat dapur lainnya sebagai alat peraga untuk mendukung foto kamu.

2. Pengambilan Angle Yang Pas

Salah satu hal yang membuat foto nampak menarik dan terlihat indah yaitu pengambilan angle yang pas. Tips foto makanan berikutnya yang bisa kamu terapkan yaitu dengan mengambil posisi yang pas saat memotret makanan.

Kamu bisa mengambil dari berbagai sisi seperti depan, kanan, kiri dan juga atas tentunya. Untuk menampilkan detail makanan, kamu bisa mengambil gambar dari atas. Tidak cukup dari atas saja, kamu juga perlu mengambil gambar makanan dari segala sisi agar menampilkan foto makanan dengan detail yang berbeda.

3. Hindari Penggunaan Flash

Perlu diingat penggunaan flash memang dapat membantu meningkatkan pencahayaan dalam foto. Akan tetapi, salah satu tips foto makanan yang perlu kamu ingat yaitu hindari penggunaan flash. Penggunaan flash dalam pengambilan foto makanan akan membuat gambar yang diambil menjadi terlalu terang bahkan bisa menghasilkan dan menjadikan warna makanan tampak berbeda dengan aslinya.

Flash yang digunakan dalam pengambilan foto makanan juga dapat membuat foto kamu jadi susah untuk di edit. Jadi disarankan untuk menggunakan cahaya alami agar foto makanan yang dihasilkan jauh lebih bagus dan menarik. Berbicara mengenai cahaya, usahakan ketika memotret makanan, posisi cahaya berasal dari belakang objek yang akan difoto.

4. Tambahkan Ornamen

Foto makanan bukan berarti hanya makanannya saja yang difoto. Kamu juga bisa menambahkan berbagai ornamen sesuai makanan yang akan kamu foto. Seperti misalnya kamu ingin memotret segelas es lemonade, kamu bisa tambahkan daun mint, jeruk nipis di samping gelas agar tampak lebih menarik.

5. Beri Space

Tips foto makanan berikutnya yaitu usahakan untuk memberikan space pada foto yang ingin kamu ambil. Meskipun fokus foto tersebut adalah makanan tapi kamu juga harus memberikan spasi baik itu untuk bagian atas, bawah, kanan dan kiri. Jadi foto yang dihasilkan tidak benar-benar penuh dengan makanan.

Kamu tidak harus menyisakan space dari berbagai sisi, kamu bisa pilih salah satu posisi untuk space tergantung dari mana kamu mengambil angle gambar makanan tersebut. Space ini diperlukan jika kamu ingin mengedit foto makanan tersebut untuk ditambahkan keterangan nama menu dan lainnya.

6. Foto Makanan Ketika Masih Panas

Jika kamu ingin menghasilkan foto makanan yang lebih dramatis dan menggugah selera, pastikan kamu mengambil foto ketika makanan baru matang atau masih panas.

Uap panas yang keluar dari makanan dapat membuat foto terlihat lebih hidup dan tentunya membuatnya semakin terlihat lezat dan menggairahkan. Agar uap panas dari makanan terlihat jelas saat di foto, kamu bisa menggunakan reflektor atau cahaya tambahan.

Leave a Comment