Makanan Khas Purbalingga

Ketika anda mengunjungi daerah tertentu, maka tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas yang ada di daerah tersebut. Untuk itu, saat anda bermain ke Purbalingga, maka anda pun wajib untuk mencoba berbagai makanan khas Purbalingga yang memiliki cita rasa lezat. Tak perlu berlama lama lagi, berikut ini akan diulas beberapa rekomendasi kuliner yang bisa untuk anda coba ketika berada di salah satu kota yang ada di Jawa Tengah tersebut.

Rekomendasi Kuliner Purbalingga

1. Nasi Goreng Flamboyan Purbalingga

Nasi Goreng Flamboyan Purbalingga

Untuk anda yang menyukai kuliner berupa nasi goreng, maka anda pun wajib mencoba salah satu kuliner ini. Terlebih lagi jika memang anda senang untuk berwisata malam dan juga melewati Jalan Jenderal Soedirman, maka anda pun bisa mampir dan mencicipi nasi goreng flamboyan yang memang telah terkenal memiliki rasa yang enak. Sebenarnya makanan satu ini pun hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya.

Akan tetapi, yang membedakannya adalah porsinya yang begitu besar. Sehingga anda pun akan merasa langsung kenyang ketika menyantap hidangan satu ini di malam hari. Meskipun memiliki porsi jumbo, namun harga yang ditawarkan pun tetap terjangkau dan tidak menguras kantong anda. Untuk itu, jika anda tertarik maka anda pun bisa mengajak keluarga dan sahabat untuk menikmati nasi goreng satu ini yang buka dari jam 2 siang hingga jam 10 malam.

2. Condol atau Ondol-Ondol

Condol atau Ondol-Ondol

Untuk anda yang mencari kuliner khas sekaligus oleh oleh khas Purbalingga, maka anda pun bisa mencoba makanan satu ini. Memiliki nama yang unik, yakni condol adalah sebuah jajanan yang terbuat dari singkong yang sebelumnya telah diparut. Untuk proses pembuatannya sendiri, nantinya adonan ini akan dibuat dengan berukuran bulat dan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kelereng.

Nantinya jajanan yang bernama condol ini pun akan dilumuri dengan bumbu yang khas dan kemudian digoreng. Untuk itu, ketika anda sedang berada di Purbalingga maka anda pun perlu untuk mencoba makanan satu ini. Selain itu, anda pun bisa membawa kuliner satu ini sebagai buah tangan maupun camilan yang bisa anda makan ketika sedang perjalanan.

3. Buntil

Kuliner selanjutnya yang banyak dicari oleh wisatawan ketika sedang berada di Purbalingga adalah buntil. Dengan memiliki rasa yang enak, maka tak heran jika banyak orang yang berkunjung ke tempat satu ini akan ketagihan ketika mencoba makanan satu ini. Buntil sendiri merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kukusan daun singkong maupun daun pepaya.

Jika anda perhatikan, pada bagian dalamnya terdapat parutan kelapa yang telah dicampur dengan teri. Ditambah dengan bumbu khas lainnya yakni yang terdiri dari lengkuas, cabai, bawang, garam dan juga lain sebagainya, maka akan menambah cita rasa lezat ketika anda menikmatinya. Untuk itu, kuliner satu ini pun akan terasa lebih enak jika anda nikmati dengan sepiring nasi putih yang hangat. Tentunya hal tersebut akan menambah selera makan anda.

4. Tempe Mendoan

Kuliner khas Purbalingga lainnya adalah tempe mendoan. Meskipun saat ini anda telah sering untuk menemukan makanan satu ini namun ternyata tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang wajib anda coba ketika berada di Purbalingga. Hal ini dikarenakan makakan ini pun sangat terkenal di daerah satu ini. Untuk anda yang belum mengetahui mengenai tempe mendoan, maka tempe mendoan ini merupakan makanan yang terbuat dari tempe kedelai.

Untuk cara pembuatannya sendiri pun digoreng dengan menggunakan tepung hingga setengah matang. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun cukup mudah ditemukan, sehingga anda pun akan bisa membuatnya di rumah. Dimana dengan menggunakan tempe khusus yang memiliki bentuk tipis, kemudian tempe tersebut dimasukkan ke dalam adonan tepung yang sudah dibumbui dengan gamar, ketumbar, bawang dan juga daun bawang.

5. Nopia

Bagi anda yang sering sekali berlibur ke daerah Purbalingga, maka anda pun akan bisa menikmati kuliner satu ini. Bahkan jajanan satu ini pun sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh yang bisa anda pulang untuk keluarga di rumah. Nopia sendiri merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu. Dimana di dalamnya biasanya akan diisi dengan gula merah, susu, keju dan juga lainnya.

Hal yang membuat makanan satu ini terasa unik adalah proses memasaknya. Dimana untuk membuat kue satu ini, yakni dengan cara ditempelkan pada dinding gentong yang telah dipanaskan. Untuk anda yang tertarik membawanya pulang, maka jajanan ini pun memiliki harga yang bervariasi yakni mulai dari 8 ribu rupiah saja. Tentu saja, anda pun wajib untuk membawa pulang kuliner khas satu ini.

6. Gulai Melung Purbalingga

Selanjutnya, masakan khas Purbalingga yang tidak boleh untuk anda lewatkan begitu saja adalah Gulai Melung yang sangat khas. Gulai ini pun wajib untuk anda coba dikarenakan memiliki rasa yang berbeda dengan gulai yang biasa anda temukan. Untuk bahan dasar membuat gulai satu ini adalah dengan menggunakan daging kambing, namun, anda pun nantinya juga akan bisa untuk menikmati sumsum, tulang kaki, babat hingga jeroannya sekaligus.

Dengan banyaknya pilihan dari bagian kambing yang bisa anda nikmati, maka nantinya anda pun bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan anda. Selain itu, kelebihan lain yang ditawarkan oleh masakan satu ini adalah proses memasaknya yang masih menggunakan alat alat tradisional. Sehingga hal ini pun akan membuat cita rasa dari masakan satu ini pun akan terasa sangat khas.

7. Sate Blater

Ketika berada di Purbalingga, maka anda pun juga wajib untuk mencoba sate blater. Dengan memiliki nama yang unik, blater sendiri ternyata merupakan diambil dari nama desa tempat sate ini berasal. Untuk bahan utama pembuatan sate ini pun hampir sama dengan sate pada umumnya, dimana dengan menggunakan daging ayam segar. Namun yang menjadi perbedaan dengan sate lainnya adalah cara untuk membuatnya.

Biasanya, anda pun akan menemukan sate dibakar ketika kondisi daging masih mentah. Akan tetapi, anda pun akan menemukan perbedaan ketika melihat proses pembuatan sate ini. Hal tersebut dikarenakan sate blater dibuat dengan cara direndam terlebih dahulu dengan menggunakan campuran bumbu yang telah diracik secara khusus. Saat pembakaran pun, sate ini juga masih dilumuri bumbu hingga meresap. Kelebihannya adalah sate ini bisa bertahan hingga 3 hari.

Itulah beberapa makanan khas Purbalingga yang wajib untuk anda cicipi. Dengan berbagai macam rasa dan juga bentuk, maka anda pun bisa mencoba  makanan yang sesuai dengan selera anda. dijamin makanan yang berasal dari Purbalingga ini pun akan memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Terlebih lagi ada beberapa makanan yang bisa untuk anda pulang dan jadikan buah tangan. Sehingga nantinya keluarga anda di rumah pun akan bisa mencicipi makanan khas yang berasal dari daerah ini.