Makanan Khas dari Maluku

Indonesia yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur, memiliki banyak kebudayaan di masing daerahnya. Inilah yang membuat Indonesia begitu kaya tidak hanya alamnya saja. Warisan kuliner di Indonesia juga tidak boleh dilewatkan seberapa kayanya. Maluku, salah satu pulau di ujung timur ini memiliki cita rasa kuliner yang sangat kaya. Ada beberapa makanan khas Maluku yang harus anda coba ketika berkunjung kesana.

Kekayaan kuliner ini tentunya tidak bisa dipisahkan dengan kebudayaan, sejarah dan juga bahan bakunya. Bahan baku menjadi bagian yang membedakan antara kuliner daerah satu dengan kuliner daerah lainnya. Dan budaya juga memiliki peranan penting yang membuat suatu daerah memiliki makanan yang unik. Jika anda ingin lebih mengenal tentang kuliner dari Maluku yang terkenal lezat,  anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Ciri Khas Makanan Maluku

Masyarakat Maluku sangat menyukai memasak dan tentunya sangat jago. Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak hingga orang tua juga jago dalam urusan mengolah makanan. Bagi mereka, memasak bukan lagi tradisi melainkan suatu keahlian yang wajib dimiliki dan juga istimewa. Apabila ada orang Maluku yang tidak pandai memasak maka akan mendapatkan “pujian” dari sesama warga. Terutama untuk perempuan keahlian ini tentunya harus dimiliki.

Sebab selain keahlian yang wajib dimiliki, pintar memasak juga syarat untuk bisa menjadi istri dan menantu yang ideal. Keahlian memasak akan menjadi nilai plus tersendiri bagi seorang wanita. Bahkan untuk mengetes kemampuan memasak calon istri, calon suami hingga calon mertua tidak akan segan untuk menantang skill memasak. Inilah yang membuat kuliner dari Maluku memiliki rasa yang tidak diragukan lagi kelezatannya.

Maluku memiliki lautan yang luas dengan masyarakatnya yang kesehariannya menjadi nelayan dan juga bekerja di kebun. Inilah yang membuat ciri khas dari makanan khas Maluku adalah sebagian besar terbuat dari hasil laut. Ikan-ikan segar yang melimpah menjadi bahan utama dalam olahan masakannya. Maluku juga terkenal dengan rempah-rempahnya yang kaya, untuk beberapa rempah rempah juga akan masuk dalam bumbu yang digunakan dalam masakan.

Sama halnya dengan papua, Maluku juga memiliki makanan pokok berupa sagu. Sehingga jangan kaget jika akan sering menemukan olahan makanan dari sagu. Pohon sagu memang sangat mudah untuk tumbuh di tanah Maluku maupun Papua. Selain memiliki fungsi layaknya nasi, Sagu juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan banyak yang mengatakan jika sagu menjadi makanan pokok yang menyehatkan.

Makanan Khas Dari Maluku

1. Gohu Ikan Khas Ternate

Makanan Khas Dari Maluku - Gohu Ikan

Jika anda sedang berada di Ternate, Maluku Utara jangan sampai melewatkan makanan satu ini. Siapa bilang makanan Sashimi atau daging ikan mentah hanya bisa didapatkan di Jepang? Nyatanya di Indonesia anda juga bisa merasakan pengalaman untuk merasakan sajian dari daging ikan mentah ini. Dan anda bisa menikmati kudapan ini di Maluku Utara tepatnya di Ternate. Nama dari makanan khas maluku ini adalah Gohu Ikan yang mirip dengan sashimi.

Dan anda tidak bisa menyebutnya hanya Gohu saja, sebab akan memiliki arti yang berbeda. Sulawesi  Utara memiliki Gohu yang merupakan rujak pepaya muda. Sehingga anda harus menyebutkan lengkap yakni Gohu Ikan. Makanan daerah Ternate dipengaruhi oleh dua wilayah yakni Sulawesi Utara dan Maluku. Hal ini karena Ternate lokasinya dekat dengan wilayah Sulawesi Utara. Sehingga wajar jika rupa dari kulinernya hampir mirip.

Gohu ikan terbuat dari ikan Cakalang atau ikan Tuna yang mentah. Gohu ikan ini sering kali disebut dengan Sashimi khas Ternate oleh sebagian orang. Untuk membuat makanan satu ini juga sangat sederhana dan mudah. Ikan tuna atau ikan Cakalang yang segar akan dipotong terlebih dahulu dengan bentuk dadu. Jika sudah maka dilumuri garam serta ditambahkan perasan lemon, sehingga tidak meninggalkan rasa amis pada ikan tersebut.

Masih belum selesai, ikan ini akan ditambahkan dengan daun kemangi dan kemudian adonan didiamkan dalam beberapa waktu. Hal ini dilakukan agar bumbu meresap pada ikan Cikalang atau Tunanya. Sambil menunggu bumbu meresap, bisa menyiapkan cabe rawit dan rajangan bawang merah yang kemudian ditumis dengan minyak kelapa sedikit saja. Jika tumisan sudah mengeluarkan bau harum, maka tinggal disiramkan pada adonan ikan.

Untuk rasa anda tidak perlu meragukannya, karena meskipun menggunakan ikan mentah namun tidak ada rasa amisnya sama sekali. Rasa amisnya menguap ketika diberikan garam dan juga perasan lemon. Selain itu proses menunggu bumbu meresap juga membuat tingkat mentah pada daging akan berkurang. Perpaduan rasa gurih, segar dan asam serta sedikit manis membuat siapapun tidak bisa menolak masakan khas Maluku satu ini.

Apalagi ada tekstur kenyal yang didapatkan dari ikan segarnya. Gohu Ikan biasanya akan dinikmati dengan bubur sagu atau juga dengan nasi. Kenikmatannya juga akan bertambah ketika disantap dalam keadaan hangat. Selain memiliki rasa yang nikmat, Gohu ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik. Mengunjungi Ternate jangan sampai melupakan kuliner satu ini. Bisa dipastikan anda tidak akan kecewa dengan cita rasanya yang lezat.

2. Papeda

Papeda Makanan Khas Maluku

Makanan satu ini mungkin menjadi makanan dari Maluku yang sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat. Bahkan Papeda menjadi ikon kuliner Maluku yang akan selalu diburu wisatawan maupun penduduk sekitar saat mengunjungi kota Manise ini. Tidak hanya bisa ditemui di Papua, Papeda juga bisa ditemui di Maluku. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Pengolahannya yang sedemikian rupa menjadikan bentuknya mirip bubur namun lengket serta kental.

Dalam bahasa Papua, papeda ini disebut dengan dao. Memiliki rasa yang tawar membuat papeda sangat cocok dinikmati dengan ikan tongkol yang dibumbu dengan kunyit sehingga kuahnya menjadi kuning. Selain itu juga nikmat jika disantap dengan sayur ganemo yang dibuat dari emping muda. Papeda memiliki serat yang banyak namun rendah kalori sehingga nutrisinya cukup banyak untuk tubuh. Inilah mengapa makanan satu ini baik untuk kesehatan.

Karena memiliki tekstur yang mirip lem, maka untuk mengambil makanan ini terbilang unik. Papeda diambil dengan sepasang sumpit kemudian diputar dan diletakkan pada piring. Pengambilannya yang unik ini membuat banyak orang penasaran dengan rasanya. Keberadaan makanan ini tidak hanya sebagai warisan kuliner saja, sebab makanan ini juga termasuk makanan yang disakralkan. Terutama dalam perayaan ritual untuk suku di Pulau Seram, Maluku.

Dan biasanya akan dihadirkan dalam perayaan masa purbetas gadis. Bahkan di Suku Nualu dan juga Suku Huaulu, perempuan yang sedang haid tidak boleh memasak papeda. Sementara untuk masyarakat Maluku, makanan ini menjadi makanan pokok mereka. Untuk mengolah sagu  hingga menjadi bubur membutuhkan perkakas seperti belangga. Setelah itu saripati sagu diberi air mendidih dan dimasak hingga mengental dan warnanya berubah.

3. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda Maluku

Kuliner khas Maluku yang tak kalah nikmat dan masih menggunakan bahan dasar hasil laut adalah Ikan Kuah Pala Banda. Memang di Maluku ada banyak olahan ikan, namun kudapan satu ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Seperti namanya, Ikan Kuah Pala Banda ini berasal dari kepulauan Banda, di Kabupaten Maluku Tengah. Kuliner satu ini menjadi kebanggaan sekaligus favorit bagi penduduk setempat atau bahkan wisatawan.

Ikan yang digunakan untuk masakan ini lebih banyak menggunakan ikan kakap dan ikan kerapu. Ikan kerapu atau ikan kakap ini akan dibumbu dengan berbagai rempah salah satunya adalah Pala seperti namanya. Rasanya pedas dan juga ada rasa asamnya yang membuat rasanya begitu nikmat. Inilah mengapa makanan satu ini begitu favorit bagi masyarakat sekitar. Bahkan mencium aromanya saja sudah membuat perut keroncongan.

Menurut cerita, makanan khas Maluku ini sering disajikan untuk petinggi petinggi Belanda. Hingga kini juga kerap hadir sebagai jamuan istimewa dan menjadi makanan yang harus dicicipi ketika ke Pulau Banda. Menikmati ikan kuah Pala Banda ini sangat nikmat dinikmati dengan nasi hangat serta sambal bekasang. Sudah dipastikan akan membuat anda ketagihan dan bisa nambah berkali kali karena kelezatan yang ditawarkan makanan satu ini.

4. Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi Khas Maluku

Tidak hanya papeda, anda juga bisa mencicipi olahan dari sagu yang tidak kalah lezat. Bubur sagu Ubi merupakan jenis bubur yang merupakan makanan tradisional dari Maluku. Bubur sagu ini memiliki rasa yang dominan manis sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Makanan satu ini terbuat dari sagu yang dicampurkan dengan ubi merah dan kenari. Jika dilihat tampilannya mirip dengan kolak ubi yang ada di Jawa.

Bahan bahan untuk membuat kudapan ini juga tidaklah sulit. Hanya saja proses pembuatannya membutuhkan waktu yang panjang. Sebelum dimasak, sagu harus direndam dulu hingga mengembang selama sekitar 1 jam. Setelah itu barulah sagu dimasak dengan perasa alami seperti daun pandan, gula pasir, hingga gulanya menjadi larut. Air gula yang mendidih kemudian ditambahkan dengan ubi merah serta sagu yang sudah lunak.

Kedua adonan ini kemudian disatukan dan dimasak hingga mengental dan matang. Bubur sagu ubi ini sudah jadi. Namun untuk menambahkan rasanya makin nikmat, maka dibuatlah saus khusus. Saus ini terdiri dar santan, kelapa parut, garam dan juga daun pandan. Sebagai pemanis ditambahkan dengan taburan kacang kenari di atasnya. Makanan satu ini tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Maluku, karena rasanya yang lezat dan bikin ketagihan.

5. Gatang Kenari

Gatang Kenari Makanan Khas Maluku

Gatang Kenari merupakan masakan khas Maluku Utara yang dibuat dari kepiting hutan yang hidup di sekitaran Maluku Utara. Makanan yang juga sering disebut dengan Ketam Kenari ini menjadi ikon kuliner Ternate yang banyak diburu oleh wisatawan. Sebenarnya kepiting kenari ini merupakan kepiting yang dilindungi karena keberadaannya yang tidak banyak. Namun ada beberapa restoran di Ternate yang memiliki izin dan bisa menyajikan makanan satu ini.

Kepiting kenari sendiri berukuran sangat besar dan memakan buah kelapa. Berbeda dengan kepiting laut atau kepiting air. Inilah yang membuat rasa dagingnya menjadi lebih gurih dan juga ada rasa manisnya. Untuk mengolahnya biasanya ditambahkan dengan berbagai rempah seperti jahe, kemiri, bawang merah dan putih, cabai, kunyit dan santan. Langkah pertama untuk memasaknya tentunya membersihkan kepitingnya lebih dulu.

Kepiting dibelah dan dipotong cangkangnya, setelah itu digoreng hingga warnanya menjadi kemerahan. Bumbu yang sudah dihaluskan akan ditumis hingga harum baru santan dimasukkan. Bumbu ini ditunggu hingga mengental dan kepiting bisa dimasukkan. Rasanya yang gurih dengan aroma daun jeruk serta serai yang khas membuat makanan satu ini banyak diburu. Tekstur dagingnya yang lembut dengan rasa yang  manis memang sulit dilewatkan.

Hanya saja untuk menikmati makanan ini, anda harus merogoh kocek lebih dalam. Harga satu porsinya bisa dibandrol mulai dari Rp. 350 ribuan. Hal ini karena kepiting yang semakin susah untuk ditemukan dan biasanya hanya bisa ditemukan di daerah Halmahera. Sehingga wajar jika untuk merasakan kenikmatannya dibutuhkan harga yang tidak murah. Namun tidak ada salahnya menjajalnya sendiri bila ada kesempatan.

6. Nasi Lapola

Kuliner Khas Maluku - Nasi Lapola

Entah sejak kapan, Maluku yang memiliki makanan pokok berupa sagu mulai memalingkan diri ke nasi. Nasi Lapola inilah yang menjadi bukti jika kuliner di Tanah Maluku ini mulai berkembang. Bahkan sejumlah masyarakat Maluku juga sudah menjadikan nasi lapola ini sebagai makanan pokoknya. Nasi Lapola terdiri dari beras, parutan kelapa dan juga kacang tolo. Nasi Lapola adalah nama makanan khas Maluku yang biasanya tidak disajikan sendirian.

Karena dalam penyajiannya didampingi oleh lauk pendamping seperti kohu kohu dari ikan tongkol atau teri basah. Kemudian juga ditambahkan dengan lalapan mentah serta campuran kelapa parut yang dibumbu dengan bawang merah dan putih, cabai merah serta perasan jeruk nipis. Untuk menambahkan rasa pedasnya jangan lupakan sambal colo colo yang merupakan sambal khas Maluku. Dijamin menikmatinya akan membuat ketagihan.

Cita rasa nasi yang pulen akan berpadu dengan gurihnya kacang tolo dan parutan kelapanya. Tak heran jika masakan satu ini begitu tersohor di Maluku dan juga menjadi salah satu makanan yang favorit. Dan mungkin nasi ini akan terdengar asing untuk mereka yang berasal dari luar Maluku. Sehingga jika datang ke Maluku jangan lupa untuk menjajal menikmati kuliner yang nikmat satu ini. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

7. Kohu Kohu

Masakan Khas Maluku - Kohu Kohu

Secara tampilan makanan satu ini mirip dengan urap urap khas dari Sunda. Yang membedakan dengan makanan khas dari Maluku ini adalah isiannya. Sayuran yang digunakan untuk membuat kohu kohu adalah sayuran mentah yang kemudian dicampurkan dengan kelapa parut. Umumnya sayurannya terdiri dari kemangi, tauge dan kacang panjang. Makanan yang sederhana ini rupanya memiliki kelezatan yang membuat anda ketagihan.

Beberapa juga menambahkan ikan sebagai isian dari kohu kohu. Ikan tongkol yang sudah dikukus ataupun ikan teri basah merupakan jenis yang sering ada di Kohu Kohu. Bahkan ada juga yang memadukannya dengan cakalang asap serta perasan lemon Cina. Kelapa parut ini juga akan dicampur dengan irisan bawang merah mentah. Rasanya yang gurih dan ada rasa asam segarnya membuat siapapun tidak bisa menolak kenikmatan Kohu Kohu ini.

Di Maluku sendiri khususnya daerah Ambon, kohu kohu akan hadir di upacara adat, pesta pernikahan atau untuk lauk sehari hari. Biasanya menyantap kohu kohu akan ditemani dengan ubi atau singkong. Namun menikmatinya dengan nasi hangat juga bukan ide yang buruk. Selain memiliki rasa yang nikmat, Kohu Kohu juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Bahan Kohu Kohu, makanan khas Maluku adalah sayur sayuran yang kaya serat.

8. Sambal Colo Colo

Sambal Colo Colo Khas Maluku

Sambal khas satu ini, menjadi sambal yang paling sering menemani makan masyarakat Maluku. Rasanya yang khas memang membuat makanan lebih sedap dan lebih mengugah selera siapapun yang melihatnya. Colo Colo ini bisa dikatakan mirip dengan sambal dabu dabu. Yang membedakan hanya istilah penyebutannya saja, sebab dabu dabu berasal dari Manado. Sambal Colo colo ini bebas dikreasikan oleh siapapun yang membuatnya.

Namun umumnya menggunakan bahan seperti bawah merah, tomat, cabai rawit dan juga perasan jeruk nipis. Sehingga menghasilkan rasa pedas asam yang memang banyak ditemui di masakan Maluku. Sambal ini juga akan ditambahkan dengan kecap asin serta daun kemanggi. Sebenarnya jika menurut orang zaman dahulu, Sambal Colo Colo ini tidak menggunakan kecap sebagai bahan tambahannya.

Biasanya sambal ini akan ada pada menu seperti ikan bakar dan juga ikan goreng. Dari berbagai jenis olahan ikan, sambal colo colo ini sering menemani ikan asar. Anda bisa membuat sambal khas dari Maluku ini sendiri di rumah. Mengingat bahan bahan serta cara membuatnya tidaklah sulit. Rasanya juga pasti nikmat, terutama ketika disandingkan dengan ikan bakar dan nasi hangat yang pulen. Perpaduan yang sungguh pas.

9. Ikan Asar

Makanan Khas Maluku - Ikan Asar

Maluku seakan tidak bisa meninggalkan ikan dalam setiap olahannya. Namun inilah yang menjadi ciri khasnya dan membuat unik. Satu lagi ikan khas Maluku yang dikenal dengan rasanya yang gurih , Ikan Asar. Ikan Asar ditusuk dengan bambu dan memiliki warna kecoklatan. Warna ini menandakan jika ikan ikan ini telah matang dan dimasak dengan cara diasapi. Selain jadi kuliner khas, Ikan Asar ini juga bisa menjadi oleh oleh khas Ambon.

Dinamakan Ikan asar karena cara pengolahannya yang diasapi. Di Jayapura juga ada ikan sejenis yang memiliki nama sama. Sebenarnya kata Asar ini memiliki beberapa arti, ada yang mengartikan ikan asar ini akan tahan dari Asar atau waktu sholat hingga ke Asar lagi. Namun ada juga yang berpendapat jika Asap ke Asar adalah pergeseran dari pelafalan saja. Terlepas dari filosofi namanya yang beragam, untuk rasanya tidak usah diragukan.

Sehingga wajar jika makanan satu ini begitu populer di Ambon, Maluku bahkan hingga luar wilayah Maluku. Bahkan ikan ini juga bisa dibawa hingga ke negara Belanda. Ikan yang biasanya dipilih untuk diasapi adalah ikan Cakalang dan ikan Tuna. Sebab kedua jenis ikan ini memiliki daging yang tahan selama diasapi atau setelah diasapi. Proses pembuatannya biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Barulah nanti bisa dipasarkan atau dijual.

Sebelum diasapi, ikan akan lebih dulu dibersihkan serta dibagi menjadi dua bagian. Barulah ditusuk dengan menggunakan bambu dan diasapi. Ikan Asar ini sebenarnya sudah matang, namun jika ingin dimasak lagi juga tidak masalah. Umumnya ikan asar akan dinikmati dengan nasi putih hangat serta sambal colo colo. Ikan satu ini juga sangat populer untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk kerabat di rumah dan masih populer hingga kini.

10. Halua Kenari

Oleh oleh khas maluku - Halua Kenari

Maluku Utara tepatnya Pulau Makian terkenal dengan hasil kenarinya yang melimpah. Sehingga tidak heran jika banyak olahan dari kenari yang menjadi makanan khasnya. Salah satu olahan kenari yang memiliki rasa nikmat adalah Halua Kenari. Halua Kenari ini berbahan dasar kenari yang dicampur dengan gula merah. Camilan dengan rasa manis dan teksturnya yang legit ini sangat baik bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Sebab, kenari merupakan bahan makanan yang tidak memiliki banyak lemak namun tinggi akan protein. Bukan hanya itu, kenari juga sangat baik menurunkan tingkat risiko kanker payudara pada wanita. Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan Marshall University. Kacang kenari juga memiliki rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Perpaduan manis dan gurih inilah yang membuat Halua Kenari begitu digemari.

Camilan yang memiliki rasa nikmat dan juga kaya manfaat ini biasanya diburu wisatawan untuk dijadikan oleh oleh. Untuk mendapatkan camilan satu ini juga tidaklah sulit. Mengingat nama makanan khas Maluku ini cukup terkenal. Di toko toko yang menjual oleh oleh anda bisa menemukan makanan satu ini. Berkunjung ke Maluku Utara jangan sampai melewatkan jajanan legit satu ini untuk dijadikan oleh oleh keluarga maupun kerabat di rumah.

11. Kasbi Komplet

Pulau Maluku terkenal dengan makanan pokoknya yang bukan beras melainkan sagu. Selain sagu, mereka juga memanfaatkan sumber karbohidrat lainnya seperti singkong atau ubi. Singkong dalam bahasa Maluku berarti singkong. Kasbi memiliki rasa tawar layaknya papeda. Karena memiliki rasa yang tawar membuat Kasbi ini dihidangkan dengan makanan pelengkap lainnya. Dan kasbi yang dihidangkan dengan lauk pauknya ini disebut kasbi komplet.

Kasbi komplet ini tidak hanya berisikan singkong saja, sumber karbohidratnya bisa berupa ubi rebus ataupun keladi rebus. Biasanya memang disajikan dengan aneka ubi ubian ini. Sementara untuk lauknya biasanya tumis kangkung, ikan bakar bumbu rica, tumis bunga pepaya, sayur jantung pisang dan juga tidak ketinggalan kohu kohu ikan puri. Kasbi yang tawar juga nikmat apabila disantap denagn sambal khas Maluku yakni coclo colo.

12. Woku Komo Komo

Tanah Maluku memang menganggap sagu sebagai primadona yang juga bisa diolah menjadi berbagai masakan. Salah satu olahan sagu yang bisa anda temui di Maluku, Woku Komo Komo. Woku Komo Komo ini sekilas mirip dengan talam sagu bakar, namun keduanya jelas berbeda. Sebab woku komo komo ini lebih sering dijadikan sebagai lauk makanan. Yang membedakannya dengan talam sagu juga proses pembuatannya.

Woku Komo Komo sagunya direndam terlebih dahulu selama 1 jam dengan air. Dan untuk memperkaya rasanya ditambahkan dengan rempah rempah seperti merica, bawang merah, bawang putih, santan kental, jahe dan bumbu lainnya. Menariknya lagi dalam olahannya juga ditambahkan dengan jeroan ikan yang sebelumnya dipotong dadu. Semua bahan ini dicampurkan menjadi adonan dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Barulah kemudian di bakar di atas api hingga Woku Komo Komo ini matang. Tujuan dibungkus menggunakan daun pisang bukan hanya agar rasanya makin nikmat, namun juga menjaga agar makanan menjadi lebih awet. Tampilannya juga akan lebih cantik jika menggunakan daun pisang. Meskipun menggunakan rempah dan jadi lauk, namun soal rasanya terbilang gurih dan legit. Belum lagi aromanya yang membuat siap saja tergoda mencicipinya.

13. Acar Kuning

Jika anda biasanya melihat acar mentimun, wortel serta bawang merah yang direndam dengan air cuka, maka Di Maluku anda akan menemukan acar yang berbeda. Acar ini biasanya dijadikan menu pelengkap di rumah makan atau sehari hari. Acar dari Maluku ini terbilang terkenal dan populer. Menariknya acar satu ini menggunakan rebung sebagai bahan dasarnya. Dan acar unik ini dikenal dengan nama acar kuning oleh masyarakat sekitar.

Di Kepulauan Maluku keberadaan acar satu ini sangat terkenal. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat acar ini beragam, mulai dari rebung, nanas, kecipir muda, mentimun, cabai merah, bawang merah dan juga daun salam. Untuk rempahnya dihaluskan sementara untuk yang dilainnya hanya dipotong saja. Jika bumbu sudah halus maka ditumis hingga harum, barulah bahan lainnya dimasukkan. Acar kuning ini sangat nikmat jadi teman makan bersama nasi hangat.

14. Nasi Kelapa

Selanjutnya makanan khas Maluku adalah Nasi Kelapa yang berbahan dasar beras. Makanan ini terbilang unik jika kita lihat masyarakat Maluku biasanya mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokoknya. Dan olahan nasi ini sebenarnya jika dilihat mirip dengan nasi uduk yang biasanya kita jumpai. Sama sama menggunakan santan dalam proses memasak berasnya. Tetapi bumbu yang digunakan pada makanan satu ini berbeda dengan nasi uduk.

Jika pada nasi uduk menggunakan daun salam dan daun sereh untuk membuat aromanya nikmat. Maka pada nasi kelapa menggunakan daun jeruk dan daun pandan sehingga menghasilkan aroma yang begitu harum. Tak hanya itu, pada nasi uduk biasanya menggunakan tempe goreng, ayam goreng ataupun lauk lainnya. Di Nasi kelapa dinikmati dengan ikan bakar serta sambal colo colo yang memang tidak bisa ditinggalkan.

Anda bisa menikmati nasi kelapa ini berbagai rumah makan di Maluku. Rasanya pasti nikmat menikmatinya ketika siang hari. Ada beberapa warung rekomendasi yang terkenal dengan rasa nasi kelapanya yang nikmat. Yakni berada di Jl. Sultan Hasanudin, Batu Merah, Ambon, tepatnya di nasi kelapa Batu Merah. Warung lainnya yang juga dikenal dengan rasa yang mantap adalah Warung Ibu Nur yang letaknya di kawasan Tugu Siliwangi.

15. Ikan Bakar Bumbu Kenari

Maluku memang akan memanjakan anda dengan berbagai kuliner dengan bahan ikan laut segar. Jangan lupakan bahan lainnya seperti kacang kenari yang bisa dengan mudah di jumpai di ujung timur Indonesia ini. Maka ketika anda sedang berada di Maluku, menu seafood satu ini tidak boleh dilewatkan. Ikan Bakar Bumbu Kenari ini memiliki rasa yang begitu khas dan tentunya unik. Mengingat biasanya ikan bakar disajikan dengan bumbu kecap.

Rasa ikan bakar yang lezat akan semakin nikmat jika dipadukan dengan gurihnya kacang kenari. Proses memasak ikan bakar ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan ikan bakar pada umumnya. Yang membedakan hanya bumbunya, di mana kenari akan disangrai terlebih dahulu. Kemudian dihaluskan dengan bumbu pendukung seperti bawang merah, terasi, cabe, garam dan juga gula. Barulah bumbu ini dibalurkan di seluruh tubuh ikan.

Jika sudah ikan siap untuk dibakar hingga matang dan siap dinikmati. Aroma yang gurih akan membuat siapapun tergoda untuk menjajalnya. Untuk rasanya selain gurih juga ada pedas dan asamnya yang membuat rasanya semakin kaya. Menikmatinya dengan sambal colo colo serta nasi hangat pasti akan membuat siapapun ketagihan. Anda bisa menemukan kuliner khas Maluku ini di beberapa tempat makan seperti yang ada di Sirimau, Ambon.

16. Sagu Gula

Nama makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah Sagu Gula. Memang masyarakat Maluku tidak bisa begitu saja lepas dengan sagu sebagai bahan makanannya. Dan lagi sagu juga bisa mudah dikreasikan untuk menjadi kudapan yang lezat. Sagu Gula adalah olahan sagu yang memiliki rasa manis. Jajanan satu ini sangat digemari oleh masyarakat Maluku. Biasanya jajanan ini memiliki bentuk persegi panjang dan berwarna warni.

Untuk mempercantik tampilannya, bagian atasnya diberikan gula merah cair yang nantinya meresap ke dalam sagu. Sagu gula ini sering dijadikan camilan sambil menikmati waktu petang tiba. Sagu gula juga kerap menjadi teman kopi sibu sibu yang merupakan kopi khas dari Maluku. Jangan lupa mencicipi jajanan satu ini ketika anda mengunjungi Maluku. Rasanya yang legit dengan tekstur kenyal pasti akan sangat nikmat dengan kopi hangat.

17. Kopi Sibu Sibu

Rasanya ketika membahas tentang kuliner di Maluku, tidak lengkap jika kita melewatkan kopi sibu sibu. Meskipun masuk dalam minuman khas dari Maluku, namun kopi satu ini begitu terkenal dan seakan tidak boleh dilewatkan. Kopi Sibu Sibu terbuat dari biji kopi pilihan Maluku yang memang terkenal dengan kelezatannya. Sibu sibu sendiri dalam bahasa Maluku berarti sepoi epoi, sementara dalam bahasa Melayu artinya rumah tempat melepa penat.

Biji kopi yang digunakan untuk kopi sibu sibu ini jenis kopi robusta yang digiling dengan cara tradisional. Sehingga aromanya akan asli tidak akan hilang dan terus menempel meskipun sudah dijadikan minuman. Yang membuat kopi ini unik adalah tambahan biji ketapang serta ada campuran bubuk cengkeh halusnya. Aroma kopi bercampur rempah ini memang sangat harum. Untuk rasanya, anda harus mencobanya sendiri ketika berkunjung ke Maluku.

18. Lapis Palaro

Kegiatan berkuliner anda di Maluku akan semakin lengkap jika mencicipi masakan khas Maluku satu ini. Lapis Palaro jika mendengar namanya pasti akan berpikiran jika makanan ini adalah kue. Dan akan salah besar jika anda melihat sendiri tampilannya. Lapis Palaro ini menu makanan yang berbahan dasar daging sapi. Daging sapi ini akan dibumbui dengan berbagai rempah rempah dan bumbu sehingga rasanya akan membuat lidah anda bergoyang dan terpuaskan.

Dalam proses pembuatannya, daging sapi akan dipotong menjdi tipis tipis. Kemudian ditambahkan dengan gula pasir, tepung maizena, air dan garam. Sembari menunggu daging direndam dengan bahan tersebut, bumbu lainnya juga bisa disiapkan. Bumbunya sangat beragam mulai dari cengkeh, jintan, pala, jahe, kencur, ketumbar dan tak lupa bawang merah serta bawah putih. Cabai merah besar juga turut ditambahkan agar makin cantik.

Semua bumbu dihaluskan barulah nanti daging sapi dimasak bersama bumbu. Terdapat juga kuah kental yang didapatkan dari kaldu sapi yang sudah ditambahkan dengan maizena. Tekstur daging yang lembut ketika digigit dan aroma rempah yang kuat membuat rasanya makin nikmat. Anda bisa menemukan makanan satu ini di berbagai rumah makan khas Maluku. Selain itu juga bisa membuatnya sendiri di rumah mengingat cara memasaknya tidak sulit.

19. Lad

Lad adalah masakan khas dari masyarakat Kei dengan bahan dasar rumput laut. Tentunya hal ini jarang ditemui di tempat lain, sehingga anda tidak boleh melewatkan makanan satu ini. Hidangan yang sehat ini dimasak dengan cara ditumis dan ditambahkan dengan berbagai bumbu serta rempah. Tambahan cabai juga membuat rasanya makin nikmat. Lad ini terbilang memiliki rasa yang kaya sebab ditambahkan juga kelapa parut sehingga nampak seperti urap.

Umumnya masyarakat Kei akan menikmati Lad ini dengan nasi, enbal atau ketupat. Untuk lauk pendukung biasanya disediakan ikan asap agar rasanya makin menggoyang lidah. Menu satu ini sangat pas untuk menu makan siang anda. Anda bisa menikmati menu dari rumput laut di beberapa rumah makan di Kepulauan Kei. Sehingga jangan sampai melewatkan dan mencicipi bagaimana rasanya dari Lad yang unik ini.

20. Sisir

Makanan dari Maluku memang sangat unik dan mungkin tidak bisa ditemui di selain Maluku. Salah satu masakan khas Maluku yang juga tak boleh anda lewatkan adalah Sisir. Sisir bukan alat untuk merapikan rambut, namun sayur yang memiliki rasa yang unik. Sayur ini terdiri dari daun singkong, suwiran ikan asar, bunga pepaya dan juga santan kelapa. Kombinasi unik ini nantinya menghasilkan cita rasa yang gurih meskipun ada sedikit rasa pahit dari bunga kelapanya.

Jangan lupakan aroma ikan asar yang membuatnya makin khas. Sayur satu ini sangat nikmat jika ditemani lauk seperti ikan bakar. Anda juga bisa menikmatinya dengan satu porsi papeda akan semakin nikmat. Anda bisa menemukan makanan satu ini di restauran tradisional Maluku. Ada beberapa kota yang masih memiliki rumah makan tradisional seperti di rumah makan Tamaria dan rumah Makan Tradisional Kei di daerah Maluku Utara.

21. Kue Bagea

Maluku tidak hanya menawarkan makanan khas dalam bentuk makanan berat saja. Sebab masih ada olahan kue kue tradisional yang rasanya tak kalah lezat dan harus anda jajal. Kue Bagea menjadi salah satu makanan khas Maluku yang memiliki rasa gurih dan teksturnya renyah. Umumnya memiliki bentuk bulat dengan tekstur yang seperti retak di bagian permukannya. Untuk warnanya biasanya krem karena bahan dasarnya menggunakan sagu.

Untuk membuat rasanya makin kaya, akan ditambahkan kacang kacangan dan kayu manis. Dari semua jenis kue bagea, yang paling populer adalah kue bagea kacang kenari. Dan untuk bisa mendapatkan menu ini, anda bisa mengunjungi pulau Makian di Maluku Utara. Pulau satu ini memang menghasilkan kacang kenari yang melimpah. Kue Bagea sendiri sangat nikmat sebagai teman ngeteh atau teman ngopi.

22. Kue Asida

Kue khas Maluku yang juga banyak digemari selanjutnya adalah Kue Asida. Masyarakat Maluku biasanya menyantap kue ini ketika pagi atau sore hari. Menurut masyarakat setempat kue Asida ini terinspirasi dari makanan Timur Tengah. Tak heran jika kue Asida ini akan mudah ditemui ketika bulan Ramadhan. Rasanya yang manis, sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Teksturnya legit dan juga renyah ketika digigit.

Masyarakat Kota Manise, membuat Kue Asida dari kolaborasi gula merah dan juga tepung gandum. Namun juga bisa menggunakan tepung terigu sebagai penggantinya. Selain menjadi primadona penduduk Muslim, kue Asida ini juga sangat digemari oleh seluruh masyarakat Maluku. Sekilas kue asida ini mirip dengan dodol yang terlihat legit. Jika anda sedang ada di Maluku tidak ada salahnya mencoba makanan satu  ini.

23. Bubur Ne

Apakah sebelumnya anda pernah mendengar nama makanan satu ini? Bubur Ne merupakan makanan tradisional yang bahan dasarnya dari sagu. Sagu akan dibentuk dalam bulatan kecil mirip dengan telur katak. Biasanya memiliki berbagai macam warna menarik, mulai dari merah, pink hingga putih. Bulatan dari sagu tersebut kemudian dimasak dengan santan sampai empuk. Selanjutnya ditambahkan dengan daun pandan, kayu manis dan gula merah.

Bubur Ne ini umumnya dijadikan sebagai makanan penutup setelah menyelesaikan hidangan utama. Bubur Ne ini juga bisa dikategorikan sebagai minuman, sebab dalam penyajiannya ditambahkan dengan es batu. Namun jika anda tidak menyukai es, juga nikmat disantap saat dalam keadaan hangat. Karena berbahan dasar sagu, maka panganan legit satu ini juga sangat mengenyangkan. Dan anda harus mencobanya ketika datang ke Maluku.

24. Suami

Mendengar namanya saja begitu unik dan ini memang benar nama makanan bukan suami yang seperti kita bayangkan. Nama makanan khas Maluku ini memang unik dan juga lucu. Olahan satu ini terbuat dari ubi yang diparut kemudian diperas dan dikukus. Anda bisa menemui makanan satu ini di kota Ambon. Bagi masyarakat Ambon sendiri makanan satu ini sudah tidak asing dan banyak ditemui di daerah daerah Kepulauan Maluku lainnya.

Suami ini merupakan makanan tradisional yang resepnya sudah turun temurun diwariskan. Makanan ini biasanya dijual dan disajikan dalam tiga pilihan, yakni dengan menggunakan gula, menggunakan kelapa setengah tua, dan juga tidak menggunakan tambahan apapun atau original. Untuk rasanya perpaduan rasa gurih dan manis dengan teksturnya yang lembut. Anda bisa mendapatkan makanan ini di beberapa pantai atau pasar tradisional.

25. Sayur Lilin

Sayur tradisional Maluku Utara ini begitu unik karena terbuat dari terubuk atau tebu telur. Terubuk ini memiliki aroma dan rasa yang begitu khas, bahan ini bisa anda temui dalam masakan khas Betawi. Sebelum diolah, terubuk akan dibakar terlebih dahulu dengan kulitnya sekalian agar aromanya makin kuat. Barulah nanti dimasak dengan bumbu kuning dan kaya akan rempah. Tekstur dari terumbuk yang lembut memang sangat pas dibumbu kuning.

Rasanya yang gurih sangat nikmat jika disantap dengan papeda. Anda bisa menemukan makanan satu ini di beberapa tempat makan Khas Maluku. Ada beberapa yang sudah dikenal dengan rasanya yang sangat lezat yakni di kawasan Pasar Higienis Bahari Berkesan. Jika anda penasaran, jangan lupa untuk mencicipinya jika singgah di Maluku Utara. Rasanya pasti akan membuat anda ketagihan.

26. Sagu Lempeng

Kuliner yang satu ini masih berbahan sagu seperti kebanyakan makanan yang lainnya. Sagu Lempeng namanya, kerap dijadikan sebagai oleh oleh bagi wisatawan yang datang ke Maluku. Memiliki dua pilihan rasa, yakni tawar dan juga gurih dengan tekstur keras ketika digigit. Untuk mengolahnya sagu akan dicetak dengan cetakan dari tanah liat kemudian di bakar hingga warnanya kecoklatan. Ada juga yang warnanya merah muda untuk menarik perhatian.

27. Sanole

Ciri khas dari makanan khas Maluku adalah terbuat dari Sagu. Dan anda bisa menemukan jajanan tradisional yang terbuat dari sagu dan dinamakan Sanole. Sanole ini merupakan perpaduan dari sagu serta gula merah. Kemudian ditambahkan dengan kenari, parutan kelapa dan juga pala bubuk. Bagian dalamnya akan diisi dengan gula merah, sehingga ketika digigit akan meleleh di mulut. Rasa manis dan gurihnya akan cocok jadi teman minum kopi.

Dengan mengetahui kuliner khas dari Maluku, anda bisa menyimpulkan jika banyak sekali makanan dengan bahan dasar sagu serta ikan atau hasil laut lainnya. Mereka juga memanfaatkan hasil kebun dengan menambahkan rempah, kenari hingga bahan yang lainnya. Cara pengolahan makanannya juga masih tradisional yang semakin membuat semua makanannya unik dan layak untuk dijajal.

Leave a Comment