Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak dan Bikin Nagih

Indonesia terdiri dari banyak pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing wilayah ini tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Baik dari segi seni dan budaya maupun makanannya. Kuliner di Indonesia sangat beragam dan terkenal dengan cita rasanya yang khas, dimana tiap daerahnya pasti memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan berbagai makanan yang lezat adalah Jawa Barat. Makanan khas Jawa Barat begitu melimpah dan layak untuk anda coba.

Kuliner melimpah di Jawa Barat tidak hanya karena suku Sunda yang memang terkenal dengan lezat makanannya. Namun juga daya kreatifitas masyarakatnya yang begitu tinggi. Hingga akhirnya memunculkan produk kuliner baru yang ternyata juga digandrungi oleh masyarakat. Jika anda memang sedang berada di Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk berwisata kuliner. Agar liburan anda semakin lengkap dengan wisata kuliner yang memanjakan lidah anda.

Ciri Khas Makanan Jawa Barat

Makanan yang ada di Jawa Barat lebih didominasi oleh makanan Sunda yang memang terkenal dengan kelezatannya. Kebanyakan kulinernya menggunakan sayur mentah yang banyak dijadikan lalapan. Namun juga ada olahan mentah seperti karedok yang seakan tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Untuk rasanya lebih cenderung makanan yang asam dan juga pedas. Hal ini dikarenakan udara yang sejuk serta dingin sehingga makan pedas bisa menghangatkan badan.

Selain itu kuliner dari Jawa Barat juga terkenal sangat bervariatif dan unik. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki bahan yang sama namun menghasilkan menu yang berbeda. Beberapa makanan juga lebih dominan menggunakan bahan ikan seperti layaknya pepes ikan. Jawa Barat juga memiliki banyak sekali olahan jajanan yang menambah ramai kulinernya. Dan tentunya hal ini menjadi ciri khas dari kuliner Jawa Barat yang bisa anda nikmati.

Lalu apa saja makanan khas jawa barat yang terkenal dengan cita rasa yang enak? Berikut ini kami berikan daftar rekomendasi makanan dari jawa barat yang bisa anda pilih, kira-kira mana yang disuka dan cocok dengan lidah anda?

Makanan Khas Jawa Barat yang Bikin Nagih

1. Hayam Bakakak Khas Sunda

Makanan Khas Jawa Barat - Hayam Bakakak

Mendengar nama kuliner satu ini terbilang unik dan mungkin baru anda dengar. Hayam Bakakak merupakan olahan ayam panggang seperti yang biasanya ditemui. Penggunaan bahasa Sunda pada namanya membuat makanan satu ini berbeda dan terdengar unik. Pengolahan makanan ini juga seperti ayam panggang yang biasanya anda temui. Yang membedakan dari olahan ini adalah bumbu khas Sunda yang digunakan.

Dengan racikan bumbu khas Sunda membuat anda bisa merasakan sensasi nikmatinya ayam panggang yang lezat. Ayam panggang khas Sunda ini disajikan dengan ayam utuh berbeda dengan yang biasanya ditemui. Umumnya ayam panggang akan dijual dengan dipotong potong. Makanan khas Jawa Barat ini biasanya akan disajikan dengan sambal hijau  atau sambal matah. Sambal hijau dalam bahasa Sunda disebut dengan sambal belegug.

Menikmati Hayam Bakakak akan sangat nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan juga lalapan. Biasanya juga disediakan tahu dan tempe agar makanan semakin nikmat. Membayangkan menikmati makanan ini dengan alunan musik khas Sunda yang menemani pastinya akan membuat anda lupa. Untuk menemukan Hayam Bakakak ini terbilang mudah, di Jawa Barat seperti daerah Bandung, anda mudah menemukannya.

2. Nasi Lengko Khas Cirebon

Makanan Khas Jawa Barat - Nasi Lengko

Sebagai masyarakat Indonesia rasanya memang tidak pas jika masih belum makan nasi. Bahkan banyak yang mengatakan belum makan jika belum makan nasi. Hal inilah yang kemudian menghadirkan kuliner dari nasi begitu melimpah dan  juga mudah untuk ditemui. Di Jawa Barat ada salah satu nasi yang dijamin akan membuat anda ketagihan. Nasi Lengko merupakan nasi putih yang ditambahkan dengan gorengan dan juga sayuran.

Sayuran yang ditambahkan adalah tauge, kucai serta mentimun. Sementara untuk gorengannya berupa tempe dan tahu. Agar rasa nasi ini semakin nikmat maka ditambahkan dengan tabahan saus kacang di atasnya. Untuk membuat rasanya pedas, biasanya ditambahkan dengan potongan cabe di atasnya. Bawang goreng juga ditaburkan di atasnya agar rasa dari nasi lengko ini semakin nikmat dan membuat ketagihan.

Memang perpaduan rasa gurih , manis dan juga pedas akan membuat lupa diri. Hingga kini makanan satu ini masih digemari. Nasi Lengko atau Sego Lengko merupakan kuliner yang berasal dari Cirebon. Meskipun makanan ini terbilang sederhana, namun ternyata memiliki kandungan gizi yang seimbang. Adanya protein didapatkan dari tempe dan tahunya. Kandungan seratnya juga bisa didapatkan dari sayur mayur yang di dalamnya.

3. Rujak Kangkung Kuningan

Makanan Khas Jawa Barat - Rujak Kangkung

Olahan rujak, di telinga masyarakat akrab dengan makanan yang biasanya dibuat dari buah buahan yang kemudian ditaburkan dengan bumbu kacang. Namun di Jawa Barat anda bisa menemukan rujak sayur yang dibuat dari sayur kangkung. Meskipun menggunakan bahan kangkung, jangan salah jika rasanya tidak kalah nikmat dan menggugah selera. Anda yang pecinta kuliner jangan sampai melewatkan rujak kangkung jika sedang singgah di Jawa Barat.

Sayur Kangkung menjadi sayur yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sifatnya yang kering atau tidak berair sangat mendukung untuk dijadikan rujak. Dimana rasa pedas dari bumbunya bisa meresap dengan sempurna pada makanan satu ini. Untuk bumbunya sama dengan rujak pada umumnya, hanya saja pada kuliner Jawa Barat ini ditambahkan dengan asam jawa. Sehingga menghasilkan rasa pedas serta masam yang pas dan nikmat.

Rujak Kangkung adalah kuliner yang berasal dari Kecamatan Cibingbin, Kuningan. Sehingga anda bisa dengan mudah  untuk menemukan di daerah Kuningan. Meskipun memiliki rasa yang pedas, namun rujak kangkung ini banyak sekali peminatnya. Rasa segarnya juga didapatkan dari asam di dalam bumbunya. Kangkung rebus dan disiram dengan bumbu rujak ini dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 10 ribuan saja.

Tidak hanya bisa dinikmati langsung, jika suka juga bisa menjadi lauk pendamping nasi. Anda tidak perlu khawatir jika menyangkut kandungan gizinya. Mungkin rujak dari Jawa Barat ini tidak seramai dengan rujak pada umumnya, namun kandungan serat pada Kangkung sangat bagus untuk pencernaan anda. Ketika mengunjungi daerah Kuningan jangan lupa untuk menjajal sendiri kelezatan olahan sederhana tapi unik satu ini.

4. Cumi Hideung

Makanan Khas Jawa Barat - Cumi Hideung

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Jawa Barat lebih banyak menggunakan bahan-bahan dari laut sebagai olahannya. Jika tidak ikan, maka seafood juga bisa dijadikan sebagai olahan lezat dengan gizi yang tinggi. Dan bagi anda pecinta seafood maka harus mencoba olahan cumi hideung dari Jawa Barat ini. Cumi Hideung mungkin menjadi makanan yang belum begitu populer di kalangan masyarakat. Namun jika soal rasa bisa diadu dengan kuliner lainnya.

Cumi Hideung dalam bahasa Indonesia berarti cumi hitam, dimana kata hideung dalam bahasa sunda berarti hitam. Dari namanya anda bisa membayangkan jika cumi ini dimasak sekalian dengan tintanya sehingga bewarna hitam. Mungkin dari segi tampilan warna hitam ini membuatnya kurang menarik. Padahal rasanya akan membuat anda puas atau bahkan ketagihan. Biasanya memiliki rasa pedas serta gurih yang sangat cocok untuk jadi lauk makan siang.

Menikmati Cumi Hideung dengan nasi putih hangat akan menjadi menu yang membuat perut dan lidah anda terpuaskan. Memang ada juga yang langsung menikmati hidangan ini tanpa nasi atau memakannya langsung. Makanan satu ini tidak diketahui berasal dari daerah mana, yang jelas merupakan makanan tradisional Suku Sunda. Yang jelas olahan seafood ini akan menjadi menu makan siang yang paling nikmat dan membuat anda ketagihan.

5. Karedok, Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat - Karedok

Nama makanan khas Jawa Barat yang tidak boleh dilewatkan dan begitu populer di kalangan pecinta kuliner adalah Karedok. Karedok adalah makanan sehat dari Jawa Barat yang bahannya dari sayur mayur. Sayur mayur tersebut nantinya akan disiram dengan bumbu khas seperti layaknya Gado gado atau pecel. Hanya saja keunikan karedok terletak pada sayurnya yang masih mentah. Berbeda dengan gado gado atau pecel yang dimasak lebih dulu.

Sayur mayur yang biasanya dijadikan karedok antara lain kacang panjang, tauge, terong, kol, daun kemangi dan juga timun. Semua sayur mayur tersebut sebelumnya harus dipotong kecil kecil kemudian disajikan. Meskipun sajian ini merupakan sayur yang mentah, namun rasanya sangat nikmat. Ada sensasi segar, gurih serta pedas yang didapatkan dari perpaduan bumbu bumbu dan sayuran segarnya. Menu makanan ini sangat nikmat disandingkan dengan ayam bakar.

Untuk bumbu yang digunakan dalam karedok antara lain gula jawa, air asam, kencur, bawang putih, cabe rawit dan juga bawang. Karedok sangat mudah untuk anda temukan di semua warung masakan Sunda. Sebenarnya makanan satu ini berasal dari Sumedang yang kini sudah melebarkan sayap hingga berbagai daerah. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, kandungan gizi yang dimiliki oleh karedok juga tinggi sehingga banyak peminatnya.

6. Empal Gentong

Makanan Khas Jawa Barat - Empal Gentong

Kuliner satu bisa dikatakan sebagai kuliner yang mudah ditemukan di seluruh penjuru nusantara. Meskipun pada kenyataannya merupakan makanan khas dari Jawa Barat yang memang memiliki rasa nikmat. Empal Gentong berasal dari Cirebon yang kini juga sudah sangat populer. Makanan ini biasanya hadir dalam menu acara pernikahan mengingat rasanya yang nikmat dan terlihat mewah. Disajikan dalam gentong membuatnya semakin unik.

Nama Empal Gentong didapatkan dari gentong yang dalam proses pengolahannya dijadikan sebagai tempat menampung kuah dari empalnya. Empal sendiri merupakan sebutan untuk daging sapi yang menjadi bahan kuliner ini. Sebenarnya bukan hanya daging saja bagian lain dari sapi seperti usus dan juga babatnya. Pengolahan uniklah yang menjadikan rasa dari empal Gentong ini sudah diakui enak oleh penggemar kuliner.

Pengolahannya secara tradisional dengan gentong tanah liat yang kemudian menggunakan tungku dan kayunya dari kayu pohon mangga. Pengolahan ini dipercaya bisa memberikan rasa khas dari empal gentongnya. Nantinya daging sapi juga akan dimasak hingga daging empuk saat digigit. Jika dilihat dari tampilannya, Empal gentong ini mirip dengan gulai. Karena kuahnya juga kekuningan dengan kuah yang lebih cair jika dibandingkan gulai.

Makanan khas Jawa Barat ini biasanya disajikan dengan sambal gandengannya. Sambal ini dibuat dari bahan cabe kering yang kemudian digiling. Jangan lupakan juga kucai yang juga menjadi bahan tambahan agar lebih sedap. Sambal yang unik bisa memberikan rasa pedas dan juga segar. Karena rasa empal gentong ini cenderung lebih gurih sehingga pas jika dengan sambalnya. Empal Gentong sangat nikmat disantap dengan nasi atau lontong dalam keadaan hangat.

7. Ubi Cilembu

Makanan Khas Jawa Barat - Ubi Cilembu

Jawa Barat tidak hanya memiliki makanan berat, namun juga memiliki banyak camilan. Salah satunya adalah Ubi Cilembu yang terkenal dengan rasanya yang manis. Ubi ini sebenarnya hanyalah ubi yang masuk dalam kategori ketela rambat. Cilembu dalam bahasa Sunda berarti Madu. Ubi satu ini memang memiliki rasa manis dengan aroma khas layaknya madu. Inilah yang kemudian menjadikan makanan satu ini unik dan banyak penggemarnya.

Ubi satu ini berasal dari Sumedang dengan ciri warna yang krem kemerahan ketika dalam kondisi mentah. Sementara ketika sudah matang atau telah diolah memiliki warna kuning. Untuk bentuknya lebih panjang dan juga berurat yang akan memudahkan untuk membedakannya. Ubi satu ini memiliki pantangan untuk diolah dengan cara di rebus atau digoreng. Sehingga kebanyakan dijual dengan cara di bakar yang lebih dikenal Ubi Cilembu bakar.

Proses pengolahan dengan cara dibakar ini bukan tanpa alasan, rasa ubi akan lebih manis serta memberikan rasa khas ketika dibakar. Tidak hanya dijual dalam bentuk ubi bakar, banyak juga yang menjadikan keripik, tape, sirup, dodol, selai hingga tepung. Rasanya yang manis alami ini sangat pas jika untuk menggantikan gula. Ubi Cilembu juga bisa diolah dengan cara di oven atau dipanggang. Dimana dalam proses ini ubi akan mengeluarkan cairan lengket.

Cairan lengket layaknya madu ini sangat legit dan manis ketika dimakan. Ketela satu ini sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Rasanya yang nikmat ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik terutama vitamin A yang terbilang tinggi. Selain vitamin A juga terdapat vitamin B serta C pada ketela ini. Anda bisa menemukan ubi Cilembu ini di beberapa daerah bahkan, di luar Jawa Barat juga ada yang menjual ubi madu ini.

8. Nasi Jamblang Daun Jati

Makanan Khas Jawa Barat - Nasi Jamblang

Nasi jamblang sebenarnya merupakan nasi putih dengan berbagai lauk yang kemudian dibungkus dengan daun jati. Hanya saja nasi ini sangat berkaitan dengan jaman Belanda yang memerintahkan untuk membuat jalanan antara Anyer hingga Panarukan. Karena kerja rodi inilah daerah Desa Jamblang dipekerjakan untuk membuat nasi bungkus daun jati bagi para pekerja. Dimana pada saat itu lauknya adalah tahu tempe dan sambal.

Kini makanan yang berasal dari Cirebon ini memiliki lebih dari 40 jenis lauk pada nasinya. Pada penyajian nasi Jamblang, nasinya akan lebih sedikit dengan lauk yang sangat banyak dan lebih beragam. Dibungkus dengan daun jati membuat aroma nasi ini menjadi lebih khas dan unik. Daun jati juga bisa membuat makanan menjadi tahan lama dan tidak mudah basi. Anda bisa menemukan nasi ini di daerah Cirebon dengan harga yang terjangkau.

Salah satu warung yang terkenal dengan kuliner Jawa Barat ini adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Nasi jamblang ditempat ini dihadirkan dengan 40 jenis lauk yang sangat menggugah selera. Anda bisa menemukan sambal, urapan, berbagai jenis daging, telur hingga tahu tempe. Makanan satu ini harus anda jajal ketika anda sedang ada di Jawa Barat khususnya di daerah Cirebon. Rasanya yang khas bisa membuat anda ketagihan dan terpuaskan.

9. Tahu Kuningan

Camilan Khas Jawa Barat - Tahu Kuningan

Jawa Barat juga dikenal sebagai salah satu kota penghasil tahu. Tahu yang merupakan makanan fermentasi dari kedelai ini memang terbilang mudah ditemui di Indonesia. Sebagai alternatif pengganti tempe, tahu yang diolah dengan tepat pasti diburu masyarakat. Kuningan, Jawa Barat memiliki tahu yang terkenal dan sering disebut dengan Tahu Kuningan. Tahu kuningan jika dilihat secara sekilas mirip dengan tahu Sumedang.

Terutama bentuknya yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan tahu normal lainnya. Tahu Kuningan isinya tidak kopong layaknya tahu sumedang dan lebih padat. Rasanya yang gurih sangat cocok untuk menjadikan tahu kuningan sebagai camilan ataupun lauk. Karena jajanan satu ini terbilang mengenyangkan perut anda. Seperti camilan Jawa Barat pada umumnya, Tahu ini sangat nikmat jika disantap dengan cabe rawit atau sambal.

Perpaduan pedas dan gurihnya akan membuat anda ketagihan tak bisa berhenti menyantapnya. Di kota Kuningan, anda bisa menemukan cukup banyak penjual tahu khas satu ini. Mulai dari yang memang sudah tersohor hingga yang biasa bisa anda temukan. Salah satu produsen yang namanya juga banyak didengar adalah Tahu Kopeci. Tahu ini dikenal sebagai tahu yang rasanya nikmat dan bagian dalamnya sangat lembut.

10. Cireng, Camilan Khas Jawa Barat

Cireng, Camilan Khas Jawa Barat

Camilan satu ini juga tak kalah nikmat dan sudah dikenal secara nasional. Makanan khas dari Jawa Barat ini sebenarnya singkatan dari aci di goreng atau aci goreng. Makanan yang kini banyak dijual di Jawa Barat ini sebenarnya sudah terkenal sejak tahun 80an. Dan kini keberadaannya menjadi ikon kuliner di Bandung dan sekitarnya. Kuliner satu ini tidak diketahui tepatnya berasal dari mana, berbagai sumber menyebutkan jika berasal dari Sunda.

Cireng memang bukanlah makanan dari Jawa Barat yang asing, di seluruh nusantara banyak sekali menemukan makanan satu ini. Rasanya yang unik dan khas membuat siapa saja yang menjajalnya ketagihan. Cireng berbahan dasar tepung aci atau tapioka yang kemudian diberikan bumbu dan digoreng. Proses memasak dengan digoreng ini sangat penting karena aci bisa dimasak dengan cara lain yang juga menghasilkan bentuk serta rasa yang berbeda.

Bumbu yang digunakan untuk makanan khas Jawa Barat ini terbilang mudah dan sederhana. Yang dibutuhkan hanya tepung tapioka, air, merica bubuk, daun bawang, bawang putih dan juga garam. Semua bahan ini dijadikan satu kemudian dibentuk pipih barulah digoreng. Jika melihat sekilas memang terlihat mudah untuk membuatnya sendiri. Namun jika tidak hati-hati, cireng bisa hambar dan hanya kenyal. Paling nikmat menyantapnya dengan bumbu rujak.

Menu ini tidak hanya bisa ditemukan di pinggir jalan. Cireng juga sudah masuk cafe atau restoran besar sebagai camilan. Teksturnya yang kenyal lengkap dengan rasa gurih yang mendominasi memang amat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menikmati jajanan ini di Jawa Barat langsung mungkin akan ada sensasi yang berbeda. Meskipun cireng mudah sekali ditemukan seluruh penjuru tanah air. Jajanan kenyal ini sangat nikmat ketika masih hangat.

11. Makaroni Panggang Bogor

Makanan Khas Jawa Barat - Macaroni Panggang

Makaroni merupakan bahan makanan yang lebih banyak dijadikan sebagai camilan. Bentuknya yang kecil dengan rasanya yang gurih sangat cocok dijadikan teman mengobrol atau ketika bersantai. Makanan khas Jawa Barat ini juga makin hari makin beragam. Salah satunya adalah makaroni panggang yang berasal dari Bogor. Ukurannya yang lebih besar dengan berbagai isian membuatnya masuk dalam daftar makanan berat yang mengenyangkan.

Kuliner khas dari Jabar ini memiliki konsumennya tersendiri, sebab meskipun rasanya nikmat namun tidak semua orang menyukainya. Ukuran makaroni panggang lebih panjang jika dibandingkan dengan makaroni pada umumnya. Tampilannya sungguh menggoda apalagi jika sudah ditambahkan dengan parutan keju di atasnya. Hidangan satu ini tidak hanya terkenal di Bogor, namun juga sudah banyak dikenal oleh para pelancong.

Rasa gurih dari makaroninya ditambah dengan keju adalah perpaduan yang tiada duanya. Isiannya bisa anda pilih dan yang paling banyak digemari adalah isian daging yang sudah dibumbu dengan rempah pilihan. Kandungan protein yang ada pada makanan ini cukup tinggi sehingga tidak perlu khawatir tentang gizinya. Selain tampilannya yang unik, ternyata untuk menghadirkan makanan ini juga membutuhkan proses yang terbilang rumit.

Dibutuhkan ketelatenan tinggi agar bisa menghasilkan makaroni panggang yang cantik dan rasanya yang pas. Jika tidak telaten maka akan mengubah penampilan serta rasa dari makanan ini. Meskipun terlihat mewah seperti masakan luar negeri, namun makanan satu ini tidak dijual dengan harga yang mahal. Dengan harga sekitar Rp. 20 ribuan anda sudah bisa membawanya pulang. Sebab makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh kerabat.

12. Mie Kocok Bandung

Makanan Khas Jawa Barat - Mie Kocok

Nama makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah Mie Kocok. Mie kocok mungkin tidak sehits mie ayam yang dikenal hingga di seluruh pelosok negeri. Mie kocok berbahan dasar mie telur dengan rasanya yang tidak bisa diragukan. Terutama jika menikmatinya di Bandung yang pastinya rasanya akan membuat anda ketagihan. Dalam satu mangkuk mie kocok akan disajikan dengan isian yang beragam dan membuat liur anda menetes.

Isiannya cukup lengkap yakni mie telur, tauge, daun bawang, dan juga sawi. Mengingat kini mie kocok semakin diminati maka ditambahkan isian berupa bakso dan juga daging di dalam mangkuknya. Sekilas mie satu ini memang tidak berbeda dengan mie ayam bakso atau mie ayam biasanya. Namun ketika menjajalnya anda akan menemukan perbedaan pada rasa mie telur serta rasa pada kuahnya. Hal inilah yang membuat peminat dari kuliner ini tak pernah padam.

Bukan hanya diminati oleh masyarakat lokal, wisatawan juga banyak yang menggemari makanan berbahan mie satu ini. Dilansir dari beberapa sumber, nama mie kocok diberikan karena mie yang dikocok dengan tauge menggunakan air panas. Dengan pengocokan ini membuat mie serta tauge menjadi layu serta siap untuk disajikan. Hanya saja kini proses pengocokan tidak lagi dipakai oleh mereka para produsen mie kocok di seluruh penjuru Indonesia.

Pengolahan ini tak lagi dilakukan karena dalam setiap porsinya ditambahkan dengan daging serta bakso. Jika hanya dikocok dengan menggunakan air panas maka tidak akan matang. Mie kocok ini memiliki kandungan gizi yang kaya baik serat dan protein maupun karbohidrat. Seratnya bisa didapatkan dari sayuran yang digunakan. Sementara untuk proteinnya didapatkan dari daging maupun baksonya.

Selain kandungan gizinya yang kaya, rasa dari kuliner Bandung ini juga sangat nikmat. Mengunjungi kota Kembang jangan melewatkan untuk mencicipi mie kocok ini. Apalagi dinikmati ketika kota Bandung sedang dingin. Rasanya yang gurih tidak akan membuat anda menyesal telah mencoba kudapan satu ini. Harga yang ditawarkan untuk kuliner satu ini juga tidaklah mahal. Biasanya dibandrol mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 15 ribu setiap porsinya.

13. Dorokdok, Kerupuk Kulit Khas Garut

Makanan Khas Jawa Barat - Dorokdok

Kota Garut terkenal dengan dodolnya yang memang dikenal sampai ke seluruh Indonesia. Padahal kota Garut, Jawa Barat juga memiliki makanan lain yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Dorokdok merupakan kerupuk yang berbahan dasar kulit sapi atau juga bisa menggunakan kulit kerbau. Namanya yang unik membuat banyak orang yang penasaran dengan camilan satu ini. Dan ternyata namanya diambil suara yang dikeluarkan ketika dimakan.

Suaranya seperti dorok dok dorok dok yang kemudian menjadi nama makanan renyah satu ini, yakni Dorokdok. Suara tersebut muncul karena kerupuk kulitnya yang sangat renyah. Bentuknya yang memanjang membuat ketika memakannya menghasilkan bunyi yang juga cukup panjang. Menariknya, rasa yang dihasilkan makanan satu ini akan berbeda jika menggunakan bahan yang berbeda pula. Sehingga bahan menjadi tolak ukur yang paling utama.

Ciri makanan khas Jawa Barat selain pedas adalah gurih dan makanan satu ini juga memilikinya. Apabila bahan yang digunakan adalah kulit sapi maka rasa gurihnya lebih terasa dan juga renyah. Sementara jika menggunakan kulit kerbau maka akan menghasilkan dorokdok yang lebih manis namun tetap renyah. Jajanan unik ini bisa dengan mudah anda temukan di Garut, dan tentunya bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

Karena menggunakan bahan dari kulit hewan, maka panganan satu ini memiliki kandungan protein hewani yang terbilang tinggi. Selain dijadikan sebagai camilan, dorokdok juga sangat nikmat dijadikan sebagai pendamping makan. Seperti bakso, mie ayam atau lainnya akan bertambah nikmat jika digabungkan dengan kerupuk kulit ini. Harga yang dibandrol pada kerupuk kulit dorokdok ini terbilang bervariasi namun masih terbilang terjangkau.

14. Asinan Bogor

Makanan Khas Jawa Barat - Asinan Bogor

Tidak hanya Betawi yang memiliki menu asinan dengan kuah kacangnya yang terkenal. Bogor juga memiliki asinan dengan kuah dari cabe merah yang sangat khas dan diburu. Karena menggunakan cabe merah membuat warna makanan satu ini menjadi merah pekat dan tentunya rasa pedasnya yang sangat terasa. Dalam asinan bogor yang ditambahkan tidak hanya potongan sayur atau buah saja, namun juga bisa menggabungkan keduanya.

Asinan Bogor menjadi kuliner Jawa Barat yang memang memiliki 3 variasi. Yakni asinan sayur, asinan buah dan asinan buah serta sayur. Sayur yang paling sering digunakan untuk asinan adalah tauge dan juga kol. Sayuran ini nantinya akan dipotong menjadi kecil kecil sebelum dicampurkan dengan kuah cabai. Sementara untuk asinan buah, biasanya menggunakan buah buahan seperti jambu, bengkuang, nanas dan juga salak.

Untuk membuat kuah dari asinan ini, langkah pertamanya adalah dengan merebus cabai terlebih dahulu. Setelah itu cabai dihaluskan dan dicampurkan dengan cuka, gula pasir dan ebi. Jika semua bahan sudah tercampur, maka selanjutnya ditambahkan dengan air. Apabila kuahnya sudah jadi maka tinggal menambahkan sayur atau buah buahan di dalamnya. Asinan ditunggu hingga bumbunya meresap baru kemudian bisa dikonsumsi.

Asinan Bogor ini biasanya akan dikemas dalam satu kemasan plastik dengan berbagai ukuran. Harga asinan dibandrol mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 15 ribu. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan makanan satu ini di Bogor. Selain bisa langsung dikonsumsi dan sangat nikmat dalam keadaan dingin, anda juga bisa menjadikan asinan sebagai buah tangan untuk keluarga maupun kerabat. Mengingat asinan terbilang cukup awet untuk disimpan.

15. Peuyeum

Makanan Khas Jawa Barat - Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya adalah daerah Cipeyeum sebagai tempat pembuatannya. Namun kini selain di Cipeyeum, anda juga bisa menemukannya di Bandung dengan mudah. Peuyeum merupakan panganan sejenis dengan tape yang cara membuatnya juga dengan cara fermentasi. Peuyeum berbahan dasar singkong yang sebelumnya dikukus terlebih dahulu, kemudian ditambahkan ragi untuk memicu tumbuhnya jamur.

Pemberian ragi membuat peuyeum nantinya diselimuti dengan warna putih pada sekelilingnya. Karena pengaruh ragi inilah yang membuat rasa pada singkong menjadi berubah dan berbeda. Setelah diberikan ragi, maka peuyeum akan disimpan dalam waktu sekitar 2 hingga 3 hari pada tempat yang tertutup. Tujuannya untuk memunculkan jamur dan hasil fermentasinya berhasil kemudian bisa menghasilkan rasa yang nikmat.

Peuyeum biasanya dijual dengan cara digantung untuk menarik pembeli. Tidak hanya itu peuyeum juga dipercaya bisa membuat tubuh menjadi hangat. Inilah mengapa peuyeum lebih nikmat jika disantap ketika malam hari atau saat udara dingin menyapa. Anda bisa mendapatkan peuyeum ini dengan sangat mudah terutama di pasar maupun di area wisata. Karena banyak penjualnya, membuat harga peuyeum ini terbilang murah dan sama.

16. Combro Khas Bandung

Makanan Khas Jawa Barat - Combro Bandung

Camilan combro sebenarnya bernama asli comro namun karena sudah kebiasaan akhirnya disebut combro. Padahal comro merupakan kepanjangan dari oncom di jero yang berarti oncom di dalam. Dimana memang makanan khas Jawa Barat ini adalah singkong yang di dalamnya ada oncomnya. Sebelumnya singkong akan diparut dan dibentuk lonjong setelah oncomnya diletakkan di dalamnya.Untuk bisa memasukkan oncom, oncomnya terlebih dahulu dihaluskan.

Ketika oncomnya sudah hancur maka akan mudah untuk memasukkan dalam adonan. Sehingga kedua bahan yang sudah halus ini akan disatukan dalam satu adonan. Jika sudah, combro akan dimasak dengan cara digoreng. Meskipun terlihat sederhana, untuk menggorengnya membutuhkan teknik tertentu. Jika tidak akan membuat kulit combro kecoklatan dan tidak lagi cantik. Selain itu juga bisa pecah jika tidak berhati hati.

Combro memiliki rasa yang gurih, tekstur luarnya memang terlihat lebih keras namun ada sensasi crunchynya. Bagian dalamnya begitu lembut dan singkong yang dicampurkan oncom akan menghasilkan rasa gurih yang nikmat. Rasa gurihnya didapatkan dari campurkan garam serta kelapa parut pada parutan singkongnya. Agar rasanya makin nikmat tak jarang ditambahkan dengan gula pasir sehingga rasanya menjadi seimbang dan lezat.

17. Kupat Tahu Padalarang

Makanan Khas Jawa Barat - Kupat Tahu Padalarang

Mungkin anda sudah sering mendengar nama makanan khas Jawa Barat ini di tempat lainnya. Mengingat di luar Jawa Barat juga sudah ada menu dengan nama yang sama. Dan memang makanan satu ini menjadi jajanan Jawa Barat yang sangat banyak penggemarnya. Dan menu Kupat Tahu yang paling diburu adalah kupat tahu Padalarang. Sesuai dengan namanya, menu satu ini banyak anda temukan di daerah Padalarang, Jawa Barat.

Kupat tahu daerah satu ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan kupat tahu yang lainnya. Jika anda sering menemukan kupat tahu dengan bumbu kacang yang kental. Maka pada menu satu ini menggunakan bumbu yang lebih encer dengan rasa yang gurih dan juga manis. Bahan-bahan yang digunakan untuk isiannya juga terbilang hampir sama dengan kupat tahu lainnya. Berbahan lontong atau ketupat yang ditambahkan dengan tauge dan juga tahu.

Setiap daerah mungkin juga memiliki menu yang serupa hanya saja memiliki penyebutan yang berbeda. Yang jelas makanan satu ini tidak boleh dilewatkan ketika anda sedang ke Padalarang. Karena menggunakan lontong dan termasuk makanan berat, maka menu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan siang. Agar semakin lezat, jangan tinggalkan krupuk yang biasanya juga sering dijadikan sebagai pendampingnya.

18. Sate Maranggi

Makanan Khas Jawa Barat - Sate Maranggi

Apakah anda penggemar sate? Maka anada harus menjajal sate Maranggi yang merupakan kuliner khas dari jawa Barat ini. Sate Maranggi merupakan menu yang berasal dari Ciamis dan kini telah bisa ditemukan di daerah lain di Jawa Barat. Bahkan anda bisa menemukan sate ini di luar Jawa Barat. Sate Maranggi merupakan sate yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Dimana daging kerbau terbilang jarang diolah untuk menjadi sate.

Meskipun menggunakan daging kerbau, anda tidak perlu khawatir soal rasanya. Rempah dan bumbu yang digunakan akan membuat dagingnya begitu nikmat. Untuk membuatnya daging kerbau akan dicampur terlebih dahulu dengan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, ketimbar, jahe, cuka lahang dan juga kecap manis. Daging akan direndam dalam bumbu hingga meresap agar rasanya semakin nikmat dan lezat.

Setelah itu barulah daging bisa dibakar seperti layaknya sate pada umumnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan potongan lontong ataupun nasi timbel. Menikmati sate Maranggi sangat nikmat jika pada malam hari. Sate Maranggi disajikan dengan tidak menggunakan bumbu kacang. Namun ada sambal tomat segar yang menjadi pendampingnya. Dagingnya yang empuk menghasilkan rasa gurih yang akan membuat siapapun ketagihan.

19. Batagor dan Siomay

Makanan Khas Jawa Barat - Batagor dan Siomay

Selanjutnya yang pastinya dikenal sebagai makanan khas Jawa Barat adalah Batagor dan Siomay. Siapa tidak mengenal jajanan yang membuat siapapun ketagihan ini? Batagor serta siomay ini memang sangat tenar dan digandrungi. Tagline yang selalu digunakan adalah Batagor dan Siomay asli Bandung. Anda pastinya tidak asing dengan makanan satu ini, bahkan di luar Jawa Barat anda juga bisa menemukan jajanan lezat satu ini.

Batagor dan siomay sebenarnya mirip jika mengintip dari bahan yang digunakan. Yang membedakan adalah cara memasaknya. Batagor sesuai dengan namanya adalah kepanjangan dari bakso tahu goreng, sehingga sudah jelas memasaknya dengan cara digoreng. Sementara siomay hanya direbus atau dikukus. Keduanya juga sama-sama menggunakan saus sambal kacang sebagai bumbunya. Rasa kedua panganan ini lebih cenderung gurih.

Dalam pembuatannya batagor dibuat dari adonan tepung tapioka dan ditambahkan dengan ikan tenggiri. Adonan kemudian dimasukkan dalam kulit pangsit dan digoreng. Namun ada juga produsen yang tidak menggunakan kulit pangsit sehingga mirip dengan siomay. Siomay biasanya disajikan dengan tambahan kol, kentang, telur rebus dan pare. Sementara untuk batagor ditambahkan dengan tahu goreng dan acar agar rasanya lebih segar.

Anda bisa menambahkan saus atau sambal sesuai dengan selera agar cita rasanya makin nikmat. Untuk menemukan batagor dan siomay di bandung atau sekitarnya sangatlah mudah. Ada banyak penjual yang bahkan menjamur terutama di kawasan yang ramai. Selain dijual dengan cara mangkal, banyak juga penjual keliling. Mungkin anda bisa menikmati sajian makanan satu ini di daerah lain, namun menikmati di daerah asal akan hadirkan sensasi berbeda.

20. Lontong Kari, Kuliner Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat - Lontong Kari

Lontong atau nasi yang dibuat dengan cara dibungkus dengan daun atau plastik ini memang sangat mudah untuk dikreasikan. Umumnya lontong banyak dinikmati dengan bumbu kacang atau sayur. Namun di Bandung, anda bisa menikmati lontong dengan kari. Tentunya menu lontong kari ini sangat berbeda pada penyajian lontong pada umumnya. Rasa karinya lebih cenderung gurih sehingga sangat nikmat jika dimakan dengan lontong.

Kari yang disajikan untuk lontong ini juga ditambahkan dengan daging sehingga aromanya makin menggoda. Ada dua jenis daging yang biasanya digunakan untuk lontong kari. Ada yang menggunakan daging ayam ada juga yang menggunakan daging sapi. Keduanya sama sama memiliki rasa yang nikmat sehingga anda bisa mencoba dua-duanya. Dalam satu porsi lontong kari akan ditambahkan dengan telur rebus dan juga kedelai goreng yang membuat makin nikmat.

Sebagai pemanis sekaligus penyedap, juga ditambahkan dengan bawang goreng di atasnya. Menyantap Lontong Kari paling enak dengan kerupuk sebagai teman makan. Makanan satu ini sangat populer di Bandung, sehingga anda akan mudah untuk menemukannya. Pedagang lontong kari biasanya menjual di pinggir jalan baik saat malam atau pagi hari. Harga yang ditawarkan untuk setiap porsinya juga terbilang murah yakni sekitar Rp. 10 ribuan saja.

21. Soto Kuning, Masakan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat - Soto Kuning

Ciri makanan khas Jawa Barat adalah memiliki cita rasa  yang pedas dan cenderung gurih. Namun bukan berarti anda tidak menemukan kuliner yang pedasnya bisa disesuaikan dengan selera. Bogor, Jawa Barat menawarkan Soto Kuning yang juga menjadi makanan khas dari Jawa Barat. Kuahnya yang kuning didapatkan dari rempah yakni kunyit yang juga membuat aroma kunyitnya terasa. Soto kuning ini bisa menggunakan aneka daging.

Anda yang ingin menikmati daging ayam tetap bisa, atau daging sapi lengkap dengan limba atau babatnya sekalipun. Daging tersebut akan dimasak hingga teksturnya menjadi lebih lembut. Daging lembut yang dipadukan dengan kuah soto yang gurih akan menjadi perpaduan yang sempurna. Untuk membuat makanan satu ini makin mantap, anda bisa menambahkan nasi hangat sebagai sumber dari karbohidratnya.

Jika anda sedang ke Bogor, jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini. Terlebih ada sebuah rumah makan yang sudah legendaris dan menyajikan menu satu ini yaitu milik Pak M. Yusuf. Warung yang ada di Jl. Suryakencana ini bahkan selalu memiliki antrean panjang dan tak pernah sepi pengunjung. Pengunjungnya juga tidak hanya warga lokal Bogor, namun juga dari luar kota yang bahkan lebih mendominasi. Kelezatan menu soto kuning dari tempat satu ini memang bukan isapan jempol.

Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan daging ayam atau limpa serta babat. Dijamin nikmat soto kuning di tempat satu ini akan membuat anda ketagihan. Buktinya para pelanggan yang sudah merasakan kembali lagi ketika ke Bogor. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi soto lengkap nasinya berkisar Rp. 20 ribuan. Hanya saja harga tersebut berlaku untuk soto kuning daging ayam, untuk limpa atau babat bisa dipatok harga lebih tinggi.

22. Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Jawa Barat - Tutug Oncom

Jika anda berkunjung ke rumah makan Sunda, maka anda akan menemukan makanan khas satu ini. Oncom sendiri adalah makanan dari Jawa Barat yang begitu khas. Sehingga segala olahan yang berkaitan dengan oncom menjadi khas. Oncom terbuat dari bungkil tahu jika yang digunakan merupakan oncom merah. Sementara untuk oncom yang hitam dibuat dari bungkil kacang tanah yang terkadang dicampurkan dengan ampas singkong.

Intinya oncom itu mirip dengan tempe namun berbeda dan memiliki rasa yang gurih. Tutug Oncom sering disebut dengan nasi TO yang harus anda jajal ketika sedang di Jawa Barat. Tutug oncom sendiri merupakan makanan yang berasal dari Tasikmalaya yang kemudian dikenal hingga ke seluruh penjuru Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan merupakan nasi yang kemudian dicampurkan dengan oncom ke dalam nasinya.

Sebelum dicampurkan, Oncom akan lebih dahulu di bakar atau di goreng agar rasanya makin nikmat. Nasi ini sebenarnya sudah sangat nikmat dikonsumsi tanpa menggunakan lauk. Namun akan semakin nikmat jika didampingi dengan berbagai lauk seperti ayam lengkap dengan sambalnya. Tak ketinggalan lalapan atau karedok agar kebutuhan akan sayurannya tetap terpenuhi. Bisa dipastikan menikmati makanan satu ini akan membuat anda ketagihan.

Cita rasa gurih yang mendominasi pada oncom akan nikmat jika dicampurkan dengan pulennya nasi. Kini oncom telah diproduksi dengan cara instan, sehingga anda bisa membuat Tutug Oncom di rumah. Hal ini membuktikan jika rasa makanan khas Jawa Barat ini begitu lezat dan membuat ketagihan. Daya tahan oncom yang lama, membuat makanan satu ini bisa dibawa pulang untuk dijadikan sebagai buah tangan di rumah.

23. Lepet Kuningan

Makanan Khas Jawa Barat - Lepet Kuningan

Masyarakat Jawa tentunya sudah banyak yang mengenal dengan yang namanya lepet. Biasanya makanan satu ini akan hadir dalam sajian idul fitri maupun idul adha. Jawa Barat juga memiliki lepet yang berasal dari Kuningan. Ciri khas lepet Kuningan lebih kecoklatan jika dibandingkan dengan lepet dari daerah yang lainnya. Seperti lepet yang lainnya, lepet dari kota Udang ini dibuat dari bahan ketan putih yang kemudian dibungkus dengan daun kelapa.

Agar tidak lepas ketika dimasak, maka dikat dengan tali dari bambu atau dari tali lainnya. Biasanya lepet tidak hanya berisikan ketan putih saja, namun juga ditambahkan dengan kacang tunggak. Untuk membuat rasanya makin gurih, ketan akan ditambahkan dengan parutan kelapa. Sebagai perasa biasanya ditambahkan dengan sedikit garam akan makin mantap. Perpaduan ketan, kelapa dan kacang tunggaknya akan membuat rasanya bikin ketagihan.

Makanan yang terbilang sederhana ini memang berhasil membuat siapa saja menyukai. Dan menariknya kandungan gizi pada lepet ini cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya ketan putih yang ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi batuk. Selain itu ketan putih juga dipercaya mampu untuk membuat uap yang ada di paru-paru terkikis. Meskipun bisa ditemukan di banyak daerah, namun Lepet Kuningan ini tetap harus coba dan rasakan.

24. Tape Ketan Kuningan

Makanan Khas Jawa Barat - Tape Ketan Kuningan

Tape merupakan olahan makanan yang dibuat dengan cara difermentasi dan tidak asing di telinga masyarakat. Tapai Ketan adalah makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya dari Kuningan. Pembuatan tapai ketan ini menggunakan bahan dasar beras ketan hitam dan juga beras ketan yang putih. Walaupun tidak sedikit juga yang membuatnya dari beras ketan putih. Untuk membuat warnanya menjadi cantik, biasanya ditambahkan dengan daun katuk untuk warna alaminya.

Sehingga nantinya memiliki warna hijau segar yang menggugah selera. Setelah diberikan warna maka akan dibungkus dengan daun jambu ataupun daun pisang. Yang paling banyak ditemui menggunakan bungkus daun pisang karena memang bisa menjadi identitasnya. Selain itu makanan yang dibungkus dengan daun pisang bisa memiliki rasa khas dan lebih lezat. Proses membuat panganan satu ini terbilang membutuhkan waktu yang panjang.

Langkah awal adalah dengan membersihkan ketan dan kemudian mengukusnya. Jika sudah tapai akan dimasukkan ke dalam daun serta ditambahkan dengan ragi. Apabila sudah, maka tapai akan didiamkan dalam beberapa hari. Biasanya 3 hari hingga satu minggu agar tapainya bisa dihidangkan. Proses fermentasi ini menjadi poin penting yang harus diperhatikan terutama untuk perbandingan ketan serta raginya harus seimbang.

Proses fermentasi ini dipercaya akan membuat tapai ketan nantinya bertambah kandungan vitamin B1. Vitamin satu ini sangat baik untuk obat diabetes maupun sistem pencernaan. Jika anda sedang berada di daerah Kuningan tidak ada salahnya untuk menjajalnya. Biasanya tapai ketan ini sangat mudah untuk ditemui dan banyak penjualnya. Bungkusnya juga sudah menggunakan kemasan modern yang membuat makanan tradisional ini terlihat lebih menarik.

25. Soto Mie Bogor

Makanan Khas Jawa Barat - Soto Mie Bogor

Soto Mie menjadi masakan khas Jawa Barat yang berasal dari Bogor. Jika biasanya anda menemukan kuliner soto dengan nasi atau lontong, maka di Bogor anda akan menemukan soto dengan mie. Soto milik daerah di Indonesia memang selalu kaya dan menarik untuk dijajal. Seperti dengan Soto mie yang merupakan campuran dari berbagai bahan yang menggoda iman. Dalam soto mie menggunakan daging sapi serta mie sebagai bahan utamanya.

Namun dalam satu porsi soto mie ini, anda akan menemukan banyak isian yang terbilang banyak. Selain mie kuning dan daging, terdapat juga kikil, urat, babat, risol, kentang, tomat dan juga kol. Semua bahan kemudian ditambahkan dengan kuah kaldu yang nikmat. Sebagai pemanis akan ditaburi dengan seledri dan juga daun bawang. Untuk menambah rasa krenyes, maka akan diberikan emping melinjo goreng di atasnya.

Keunikan makanan ini tidak hanya pada campuran daging dan mienya saja. Tetapi juga terletak pada kuahnya yang berwarna kemerahan. Bumbu rempah yang digunakan memperkaya rasanya. Rasa soto mie Bogor ini cenderung pedas, sebab akan dihidangkan dengan sambal. Sambalnya juga bukan sambal biasa, karena campuran dari cabai rawit dengan cuka dan juga potongan jeruk limau agar semakin segar rasanya.

Beberapa juga menambahkan tauge serta kacang kedelai goreng agar rasanya makin seimbang. Meskipun sudah menggunakan mie, namun anda tetap bisa menikmatinya dengan nasi. Seperti kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak lengkap jika tidak mengkonsumsi nasi. Menu yang sangat nikmat ini, bisa anda nikmati untuk sarapan, siang hari atau malam hari. Sangat nikmat jika dalam kondisi hangat apalagi di tengah dinginnya kota Bogor.

26. Ulukutek Leunca

Makanan Khas Jawa Barat - Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca merupakan menu masakan dari Sunda yang terkenal dengan rasanya yang lezat. Leunca sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikenal oleh masyarakat. Mungkin masing masing daerah memiliki penyebutan yang berbeda. Yang jelas sayur ini berbentuk bulat kecil kecil dengan nama latin Silanun Nigrum. Tumbuhan ini masuk kategori labu kecil. Biasanya orang Jawa menyebutnya Ranti sementara di Maluku dikenal dengan Bobosa.

Dari namanya saja, makanan khas Jawa Barat ini sudah terdengar unik. Namun soal rasa tidak perlu diragukan. Leunca memiliki banyak khasiat karena sejak 2000 tahun lalu, sudah menjadi bahan obat obatan. Ramuan tradisional dari Leunca dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit seperti Herpen, penyakit kulit hingga Kanker. Masyarakat biasanya mengkonsumsinya dengan dijadikan lalapan atau bahkan sayuran dengan bumbu yang berbeda.

Untuk membuat tumbuhan ini menjadi makanan, orang Sunda menambahkan dengan oncom, leunca dan juga ampas kacang. Masakan satu ini awalnya secara tidak sengaja diciptakan oleh nenek yang memang memiliki kebun buah Leunca. Awalnya sang nenek tidak menemukan cara yang pas untuk mengolahnya. Hingga akhirnya ia mengutek leunca dengan tak sengaja. Kemudian mencampurkan dengan berbagai bahan akhirnya bisa menjadi panganan lezat.

Biasanya makanan satu ini tersedia di rumah makan Sunda. Dimana ada banyak sekali rumah makan di jawa Barat yang bisa anda jajal. Atau anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun untuk mendapatkan rasa yang nikmat, anda harus benar benar memahami teknik memasaknya. Mengingat jika salah memasak bisa sangat pait dan tidak  bisa dinikmati. Makanan satu ini sangat nikmat apabila disandingkan dengan sangu panas serta sambal terasi.

27. Surabi, Jajanan Khas Jawa Barat

Surabi - Jajanan Khas Jawa Barat

Jawa Barat memang selalu memiliki jajanan jajanan unik yang sangat layak untuk diburu. Apabila Solo memiliki serabi, maka Jawa Barat memiliki jajanan yang dikenal dengan Surabi. Surabi merupakan panganan yang tersebar hampir di seluruh Jawa Barat sehingga bisa dikatakan sebagai makanan khas Sunda. Rasanya yang legit dengan toping yang beragam membuat panganan satu ini begitu banyak digemari baik warga lokal maupun wisatawan.

Di pasaran, anda bisa menemukan surabi yang cita rasanya manis ada pula yang menjual dengan rasa asin. Keduanya tetap memiliki rasa enak dan harus anda jajal ketika singgah ke Jawa Barat. Umumnya surabi manis akan ditambahkan dengan kinca gula merah. Sementara untuk pembuatannya dari tepung beras kemudian ditambahkan dengan gula pasir, santan dan juga pandan. Surabi Manis memiliki beragam toping yang membuatnya terlihat menggoda.

Terutama di era modern seperti saat ini, Surabi hadir dengan tampilan lebih cantik. Toppingnya bisa menggunakan meses, keju, green tea, meskipun rasa original juga tidak kalah lezat. Beragam rasa ini membuat rasanya tidak hanya manis dan juga gurih saja. Ciri makanan khas Jawa Barat yang gurih ini bisa anda temukan pada makanan satu ini. Untuk surabi yang asin, topping atau rasa yang ditawarkan lebih beragam lagi.

Anda bisa menikmati surabi asin dengan isian ayam, kornet, oncom dan juga lain sebagainya. Hal ini juga merupakan inovasi di dunia kuliner yang membuatnya terlihat makin unik. Tidak hanya membuatnya menarik , namun juga memiliki kandungan gizi yang lebih baik dengan adanya topping. Surabi khas Jawa Barat ini bisa anda pilih sesuai selera anda, mengingat ada berbagai rasa serta pilihan yang tetap hadirkan rasa lezat.

28. Empal Gepuk

Makanan Khas Jawa Barat - Empal Gepuk

Empal Gepuk atau gepuk menjadi makanan khas dari Sunda selanjutnya yang juga memiliki rasa yang nikmat. Terbuat dari daging sapi yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan daging yang lembut. Daging sapi akan direbus sampai setengah matang yang kemudian dipukul agar semakin empuk. Empal gepuk ini adalah menu yang sangat digemari dan terbilang populer di Bandung. Masyarakat biasanya mengenalnya dengan nama gepuk saja.

Sekilas makanan ini mirip dengan Empal di Cirebon, yang membedakan adalah penyajiannya. Jika empal di Cirebon disebut dengan empal gentong dan disajikan dengan kuah, maka gepuk di Bandung diolah dengan cara digoreng. Sebagai teman pendamping, gepuk sangat nikmat dengan nasi hangat. Nama Gepuk sendiri didapatkan karena proses pengolahannya yang memang dipukul pukul terlebih dahulu.

Tujuannya agar daging menjadi lebih empuk dan bumbunya bisa meresap dengan sempurna. Rasa dari makanan satu ini cenderung lebih gurih dan juga manis. Daging yang digunakan merupakan daging dengan kualitas terbaik membuat rasa dari Gepuk ini sangat nikmat. Rupanya untuk menghasilkan gepuk yang nikmat ini ada rahasianya. Terutama rahasia pengolahannya yang terbilang rumit namun memang tidak menghianati hasilnya.

Proses pengolahan makanan khas Jawa Barat ini dimulai dengan memilih daging berkualitas bagus. Kemudian menggepuk atau memukulnya agar menjadi lembut dan dimasak kembali dengan bumbunya. Daging dimasak lagi hingga rempah serta air rebusannya meresap. Rasa gurihnya didapatkan dari santan sebagai air rebusannya. Apabila rebusannya sudah menyusut, maka gepuk sudah bisa digoreng dan kemudian disajikan.

29. Tahu Gejrot

Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Gejrot Cirebon

Makanan sederhana yang bisa anda dapatkan dari Jawa Barat selanjutnya adalah tahu gejrot. Tahu gejrot ini awalnya merupakan olahan dari Cirebon, namun kini keberadaannya sudah meluas hingga seluruh penjuru tanah air. Berbahan dasar tahu goreng, dimana tahu dari daerah Jawa Barat memang terkenal lebih enak dan berisi. Dan yang membuat sajian ini istimewa adalah kuah asam pedasnya yang akan membuat anda ketagihan.

Kuah pedas ini terbuat dari cabe rawit, bawang merah, gula dan sedikit petis serta asam jawa. Umumnya tahu gejrot akan disajikan di atas pisin atau cobek, yakni piring yang terbuat dari tanah liat dan kecil. Tahu goreng akan diiris terlebih dahulu dalam potongan yang lebih kecil. Tujuannya selain membuat bumbu mudah meresap juga memudahkan saat memakannya. Setelah itu tahu goreng disiram dengan kuah asam pedasnya.

Perpaduan rasa gurih, pedas, asam dan juga manis menjadi perpaduan yang tidak bisa anda tawar. Bisa dipastikan sekali anda mencoba kudapan satu ini maka akan ketagihan. Tahu gejrot ini sangat mudah untuk anda temukan. Bahkan anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba di kota asalnya agar rasanya lebih otentik. Panganan ini sering dijual secara keliling atau mangkal di keramaian.

30. Tahu Sumedang

Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Sumedang

Olahan tahu di Jawa Barat memang terbilang banyak namun tetap saja memiliki ciri khas tersendiri. Tahu Sumedang merupakan olahan tahu yang paling familiar di telinga masyarakat. Sesuai namanya, olahan satu ini berasal dari Sumedang Jawa Barat. Seperti pada tahu umumnya, tahu satu ini juga dibuat dari kedelai yang memiliki kandungan protein tinggi. Jajanan satu ini memang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan karena kandungan gizinya.

Tahu Sumedang memiliki ciri berbentuk kotak kecil dengan isian yang kopong. Meskipun kopong, namun olahan tahu ini memiliki rasa yang istimewa. Perpaduan rasa gurih namun lembut di mulut membuat semua orang menggemarinya. Makanan khas Jawa Barat ini akan lebih nikmat jika dicocol dengan saus sambal atau dengan cabai rawit. Tahu Sumedang memiliki nama lain Boen Keng, nama tersebut didapatkan dari nama keluarga yang pertama kali membuatnya.

Dimana proses tersebut terjadi pada 100 tahun lalu atau lebih. Keluarga Boen Koeng di Sumedang merupakan keluarga yang hingga kini juga masih menjual Tahu Sumedang ini. Mereka memiliki satu outlet di pusat kota dan tidak memiliki cabang outlet lainnya. Untuk memproduksinya hingga kini masih menggunakan tenaga manusia. Salah satu resep rahasianya adalah merendam kedelainya selama 4 hingga 6 jam agar rasanya nikmat.

31. Soto Bandung

Makanan Khas Jawa Barat - Soto Bandung

Soto diperkirakan menjadi masakan China yang masuk ke Tanah Air pada ratusan tahun yang lalu. Awalnya soto memiliki nama Caudo yang berasal dari bahasa Mandarin. Karena lidah orang Indonesia susah menyebutnya, akhirnya menjadi soto. Di Indonesia sendiri soto sangat bervariasi dan memiliki ciri khas tersendiri. Sementara untuk definisi soto diberikan oleh orang Belanda yang bernama Van Der Burg.

Hal ini dijelaskan dalam bukunya yang bertajuk Voeding In Netherlandsch Indie yang diterbitkan pada tahun 1904. Dimana Burg dalam bukunya menuliskan jika soto adalah kaldu yang terbuat dari daging gagak. Kemungkinan daging yang disangka dengan daging gagak adalah jeroan sapi yang ada di dalam masakannya. Seperti halnya Soto Bandung yang merupakan makanan khas dari Bandung, Jawa Barat.

Soto Bandung menggunakan daging sapi atau jeroan sapi di dalamnya. Untuk bumbunya menggunakan rempah rempah seperti serai, bawang putih, bawang merah, jahe, daun salam dan juga daun bawang. Ciri makanan khas Jawa Barat ini terletak pada penambahan lobak serta kedelai gorengnya.  Anda juga tidak perlu khawatir jika rasa lobaknya akan pait, karena pengolahan lobak ini sudah tepat sehingga bisa menambah rasa gurih.

Untuk menemukan makanan satu ini di Bandung bukanlah perkara susah. Banyak yang menjual menu soto ini di kota Bandung. Mulai dari restoran mewah hingga pedagang kaki lima anda bisa menemukan makanan satu ini. Soto Bandung sangat nikmat disantap saat dalam keadaan hangat. Untuk menambah rasanya anda bisa menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis. Menambahkannya dengan satu porsi nasi hangat juga bukanlah ide yang buruk.

32. Gehu ( Tauge Tahu )

Makanan Khas Jawa Barat - Gehu Tauge Tahu

Gehu atau tauge tahu merupakan gorengan yang bisa anda temukan di Jawa barat. Gehu juga bisa didefinisikan sebagai tahu goreng yang di dalamnya berisi tauge. Namun sebenarnya di dalam isinya tidak hanya tauge namun juga potongan tahu yang lainnya. Mungkin makanan satu ini ada di daerah lain dengan nama yang berbeda atau biasanya disebut dengan tahu isi. Hanya saja Gehu meskipun terlihat mirip namun ada ciri khasnya.

Yang membedakannya adalah cita rasa pedas yang memang menjadi ciri makanan khas Jawa Barat. Bukan hanya tahunya yang pedas, isiannya juga pedas karena menggunakan cabe giling. Namun terkadang juga ada yang mencampurkan kulitnya dengan cabai. Selain itu perbedaan lainnya terletak pada tahu yang bentuknya segitiga. Ukurannya juga lebih besar jika dibandingkan dengan tahu isi lainnya yang biasa anda temui.

Gehu adalah panganan dengan rasa jeletot atau rasa pedas yang berlebih hingga membuat penikmatnya melotot. Sangat cocok untuk anda penggemar makanan pedas yang ingin menikmati camilan ringan tapi cukup mengenyangkan. Kini rasa Gehu semakin bervariasi dengan isian ebi atau ayam yang membuatnya makin nikmat. Selain itu juga menambah kandungan proteinnya menjadi lebih tinggi. Mengingat protein dibutuhkan oleh tubuh kita.

Anda bisa menemukan jajan Gehu ini disekitaran Bandung dan biasanya dijual secara keliling. Jika tidak menemukan penjual keliling, anda bisa menuju pusat keramaian yang biasanya juga ada penjual gehu yang mangkal. Soal harga, anda tidak perlu khawatir karena biasanya dijual dengan harga mulai Rp. 1 ribu hingga Rp. 3 ribu saja. Namun untuk isiannya juga berdasarkan dengan harganya, untuk ayam mungkin akan lebih mahal dibanding isi mie.

33. Bala Bala

Makanan Khas Jawa Barat - Bala bala

Gorengan bagi masyarakat Indonesia seperti teman yang seakan akan sulit untuk dihilangkan. Apapun yang digoreng dianggap memiliki rasa yang lebih nikmat dan menggoda. Terutama ketika dalam kondisi masih panas, maka rasanya akan berkali-kali lebih nikmat. Salah satu gorengan dari Jawa Barat yang bisa anda temukan selanjutnya adalah Bala Bala. Bala bala sendiri memiliki arti berserakan atau tidak beraturan.

Bala bala sejatinya mirip dengan bakwan yang merupakan paduan dari tepung terigu dan juga sayur mayur. Makanan khas Jawa Barat ini memiliki bentuk bulat pipih. Terkadang menggorengnya dengan menggunakan sendok dan digoreng pada minyak yang panas. Untuk sayuran yang digunakan bervariasi, mulai dari kol, wortel maupun tauge. Sayur ini harus dipotong menjadi bagian yang lebih kecil dahulu. Sehingga nanti bisa tercampur dengan adonan tepungnya.

Dan yang dimaksud dengan berserakan adalah tatanan sayurnya yang berserakan. Itulah yang membuat gorengan satu ini disebut dengan bala bala. Teksturnya yang lembut dan rasa yang gurih membuat panganan satu ini begitu digemari oleh masyarakat Jawa Barat. Semakin nikmat jika bala bala dinikmati dengan cabe rawit maupun saus pedas untuk dijadikan cocolan. Rasanya memang ada kurang jika orang Jawa Barat tanpa rasa pedas.

Umumnya masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung lebih senang menikmati kudapan ini dengan nasi atau dijadikan lauk. Namun tidak jarang ada yang menjadikan sebagai camilan untuk teman ngeteh atau ngopi. Untuk bisa menemui gorengan ini sangatlah mudah, anda bisa mengunjungi warung warung, pedagang pinggir jalan hingga di rumah makan. Harga yang ditawarkan untuk bala bala ini tidaklah mahal, biasanya hanya sekitar seribuan.

34. Misro

Makanan Khas Jawa Barat - Misro

Masih seputar gorengan, jajanan yang tak kalah nikmat dan bisa anda temukan di Jawa Barat adalah Misro. Misro adalah makanan khas Sunda yang kini keberadaannya menyebar hingga ke area sekitar Jawa Barat. Misro merupakan kepanjangan dari amis di jero, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti manis di dalam. Olahan satu ini mirip combro, namun memiliki rasa manis. Terbuat dari parutan singkong yang di dalamnya ditambahkan dengan gula merah.

Berbentuk bulat namun tidak lonjong seperti combro, dari segi tampilan saja sudah mudah membedakan combro dan misro. Teksturnya yang lembut dengan gula merah yang akan lumer di mulut menjadi alasan banyaknya penggemar makanan satu ini. Pembuatannya juga terbilang mudah, pertama singkong akan diparut dan ditambahkan dengan garam. Setelah itu ambil adonan singkong parut secukupnya dan letakkan gula merah di dalam adonan, bentuk bulat.

Makanan satu ini merupakan makanan tradisional khas Sunda yang hingga kini masih banyak penggemarnya. Namun anda tidak akan menemuinya di dalam cafe, penjualnya rata rata penjual keliling atau kaki lima. Anda bisa menemukan makanan ini di Bandung dimana masih banyak penjual yang setia menjualnya jajanan ini. Camilan satu ini sangat nikmat jika dijadikan teman bersantai berkolaborasi dengan kopi maupun teh akan semakin mantap.

35. Roti Unyil, Kue Khas Jawa Barat

Roti Khas Jawa Barat - Roti Unyil

Roti unyil menjadi makanan khas Jawa Barat selanjutnya yang keberadaannya juga menjadi primadona. Terutama masyarakat Bogor tentunya sangat kenal dan menjadikan makanan satu ini sebagai salah satu andalannya. Seperti namanya, roti ini memiliki bentuk yang mungil atau kata lain dari unyil. Namun meskipun berarti roti yang ukurannya kecil, masih banyak yang menganggap jika roti unyil adalah roti dengan karakter tontonan anak anak si unyil.

Sebenarnya roti ini tak jauh berbeda dengan roti manis pada umumnya, yang membedakan hanyalah bentuknya yang mungil. Tidak hanya itu tekstur roti unyil juga lebih empuk dan juga lembut. Anda akan dimanjakan dengan aneka isian serta topping yang sangat banyak pilihannya. Bentuknya juga banyak yang membuat roti ini semakin menarik terutama pada tampilannya. Melihatnya saja sudah membuat anda ingin segera mencicipinya.

Nama sebenarnya dari roti unyil ini adalah roti venus diambil dari nama tokonya. Namun masyarakat lebih banyak yang mengenal dengan roti unyil karena bentuknya. Toko Roti khas Bogor ini sudah ada sejak tahun 1992 lalu yang dimiliki oleh keluarga Hadiwijaya. Hingga kemudian dikelola oleh anak anaknya setelah kedua orangnya telah berpulang. Awalnya mereka menjajakan roti unyil ini secara keliling dan memiliki 10 varian rasa.

Hingga akhirnya selain memodifikasi menjadi ukuran yang lebih kecil berkisar 5 cm’an. Dan varian rasanya juga ditambahkan menjadi lebih banyak yakni sekitar 20 rasa. Rasa yang biasa seperti coklat, ayam asap, roti jagung, kismis, kelapa, pisang hingga rasa lainnya. Sehingga bagi anda yang menyukai roti dengan rasa manis, anda bisa memilih seperti cokelat, nanas, pisang keju dan lainnya.

Sementara untuk pecinta roti dengan isian yang asinan, varian seperti asap ayam, abon, asap sapi, smoke beef keju dan lainnya bisa menjadi pilihan. Yang membuat makanan satu ini semakin digandrungi adalah tidak adanya bahan pengawet di dalamnya. Saking populernya panganan satu ini, membuat para pelanggannya rela mengantre panjang. Apalagi roti unyil ini tidak membuka cabang dimanapun, sehingga semua pasti berkumpul di toko venus ini.

Namun kini sudah banyak juga yang bekerja sama dengan roti unyil, sehingga bisa dibeli di tempat yang lain. Ada juga layanan delivery order yang dijual dengan paket paket tertentu. Meskipun sudah terkenal dan memiliki rasa yang enak, kue khas Jawa Barat ini tidak dijual dengan harga yang mahal. Satu buah roti unyil dijual dengan harga Rp. 1500 dan bisa juga membeli paket. Roti unyil juga bisa dijadikan oleh oleh untuk keluarga maupun sanak saudara.

36. Seblak

Makanan Khas Jawa Barat - Seblak

Untuk urusan kreasi makanan, Jawa Barat bisa dikatakan jempolan. Ada banyak sekali kuliner baru yang kemudian booming dan digemari. Seblak merupakan makanan khas Bandung yang banyak menyebutnya mirip dengan Sumpiuh dari Jawa Tengah. Karena memang seblak mirip dengan kerupuk godhog atau rebus yang sudah ada sejak tahun 1940an. Sementara seblak baru populer di tahun 2000an.

Banyak juga yang menyangka jika seblak merupakan makan kerupuk kuning yang kemudian dimasak dengan bumbu yang pedas. Padahal seblak sendiri merupakan bumbu yang dibuat dengan bumbu kencur dan cikur. Awalnya kemunculan makanan satu ini menggunakan bahan kerupuk sapi dan diberikan bumbu seblak. Namun kini seblak sudah berganti wajah menajdi makanan yang penuh variasi dan banyak digandrungi oleh generasi millenial.

Kini seblak memiliki tingkat pedas yang bahkan ada level levelnya. Sehingga bagi anda yang tidak menyukai pedas bisa tetap menikmatinya. Untuk isiannya juga makin beragam kerupuk ditambahkan dengan ceker ayam, sosis, bakso, kornet bahkan keju sekalipun bisa dikolaborasikan dengan jajanan satu ini. Seblak sendiri ada yang menjualnya dengan seblak kuah ada juga yang menjual seblak goreng yang bisa dipilih sesuai dengan selera anda.

Masakan khas Jawa Barat ini tidak hanya bisa anda jumpai di Bandung, namun juga di kota lain di seluruh tanah air bisa menemukannya. Menikmati seblak paling enak ketika udara sedang dingin atau sedang hujan. Walaupun masuk dalam kategori camilan, tetapi seblak bisa membuat anda kenyang. Harga yang ditawarkan untuk makanan pedas ini terbilang beragam, dibandrol mulai dari harga Rp. 10 ribu ke atas tergantung isian dan toppingnya.

37. Cimol

Jajanan Khas Jawa Barat - Cimol

Cimol adalah makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya adalah Tasikmalaya. yang kemudian dibawa ke Bandung pada tahun sekitar 2001 dan ternyata begitu di gemari di Bandung. Cimol menjadi camilan yang tak kalah hits dari cilok atau cireng. Masih menggunakan bahan aci atau tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Cimol sendiri merupakan singkatan dari aci di gemol atau aci yang dibentuk bulat bulat.

Bahkan kini cimol tidak hanya bisa ditemukan di Bandung saja, namun juga di seluruh Indonesia. Bisa dikatakan jika cimol merupakan perpaduan antara cilok dan cireng. Cilok yang bentuknya bulat seperti cimol namun rasanya renyah seperti cireng. Rasa renyahnya didapatkan dari proses pengorengan yang dilakukan. Untuk membuat cimol ini terbilang mudah, bahan seperti aci, tepung terigu, tepung beras, merica, garam dan baking powder dicampurkan.

Jangan lupakan untuk menambahkan air hangat agar semua bahan bisa menyatu. Jika semua bahan sudah menyatu maka tinggal menggorengnya. Hanya saja menggoreng cimol ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Apabila ada langkah yang salah maka bisa menyebabkan cimol meledak ketika di goreng. Sehingga banyak yang akhirnya memilih untuk membeli daripada membuatnya. Apalagi di Bandung ada 3 variasi cimol yang menggoda.

3 jenis cimol tersebut antara lain, cimol basah, cimol kering dan juga cimol goreng. Cimol yang biasanya disajikan dengan bumbu bubuk merupakan cimol kering yang permukaannya lebih keras. Sementara untuk cimol yanag basah, disajikan dengan menggunakan saus biasa. Dan jenis yang terakhir cimol goreng, merupakan inovasi dari cimol basah yang digoreng lebih dahulu kemudian disajikan.

38. Tauge Goreng Bogor

Makanan Khas Jawa Barat - Tauge Goreng

Mungkin anda tidak pernah menyangka, jika tauge bisa dijadikan sebagai makanan utama atau main course. Padahal biasanya tauge merupakan bahan yang digunakan sebagai campuran di dalam sebuah menu. Dan anda bisa menemukan menu ini di Jawa Barat yang pastinya memiliki rasa unik dan wajib untuk dijajal. Pecinta kuliner harus tahu jika tauge goreng merupakan nama makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Bogor.

Meskipun namanya tauge goreng, namun cara mengolah taugenya tidak dengan cara digoreng. Taugenya tetap direbus hanya saja kering atau tidak ada kuahnya sehingga disebut tauge goreng. Anda juga tidak akan menemukan tauge saja dalam menu satu ini. Karena menu satu ini terdiri dari campuran irisan tahu, lontong, tauge dan juga mie yang kemudian disiram dengan menggunakan kuah oncom kental yang nikmat.

Sebelum dikenal dengan nama tauge goreng, masyarakat zaman dahulu mengenalnya dengan nama Geco atau kepanjangan dari tauge tauco. Tauco merupakan salah satu bahan yang bisa menggantikan pasta tomat layaknya spaghetti. Dan nama tauge goreng ini hadir dari wisatawan yang melihat cara memasaknya menggunakan kuali. Hingga kini makanan satu ini masih menjadi panganan yang favorit di kalangan wisatawan maupun masyarakat lokal.

39. Bapatong Bogor

Kuliner Khas Jawa Barat - Bapatong

Kebanyakan nama kuliner khas dari Jawa Barat adalah kepanjangan. Ini juga yang terjadi pada Bapatong yang merupakan kepanjangan dari bakso ketupat gentong. Bapatong tak hanya menawarkan bakso sebagai menu utamanya, karena di dalamnya terdapat potongan ketupat yang dipotong dadu. Bapatong merupakan kuliner yang berasal dari kota hujan Bogor. Menu berkuah satu ini tidak akan bisa dilewatkan oleh siapapun karena rasanya.

Tidak hanya terdapat ketupat, di dalam satu porsi bapatong juga terdapat potongan daging. Menariknya ketupat maupun dagingnya dipotong menjadi dadu. Bakso ini juga ditambahkan dengan iga sapi serta bihun, pangsit dan mie kuning yang membuatnya makin nikmat. Tekstur baksonya yang lembut tidak akan membuat anda menyesal sudah mencobanya. Apalagi ketika udara sedang dingin, maka Bapatong akan menjadi menu yang paling pas.

40. Opak

Cemilan Khas Jawa Barat - Opak

Sebelumnya opak ini adalah olahan asal Sunda yang kemudian merambah hingga ke beberapa bagian di Jawa Barat. Opak adalah nama makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras. Namun bahan dasar ini lama kelamaan juga menjadi bergeser dan semakin beragam. Meskipun bahannya beragam, tetapi jika dilihat dari bentuknya sama yakni pipih serta tipis. Teksturnya yang renyah sangat cocok sebagai camilan sehari hari.

Opak yang memang menjadi khas dari Jawa Barat, namun tidak menutup kemungkinan jika kini keberadaannya hampir di seluruh daerah Jawa. Opak Jabar lebih cenderung berbahan singkong atau ketan, sehingga disebut dengan opak singkong dan opak ketan. Opan ketan merupakan opak yang dibuat dari tepung ketan. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang renyah membuat makanan satu ini begitu digandrungi.

Opak ketan juga memiliki dua varian yakni opak ketan asin serta opak ketan manis. Sehingga anda bisa memilih opak ketan ini sesuai dengan selera anda. Sementara untuk opak singkong atau juga dikenal dengan sampeu dibuat dengan bahan singkong yang diparut. Setelah itu ditambahkan dengan cabai merah, garam serta penyedap. Terdapat juga opak kucai yang merupakan perpaduan dari singkong dan daun kucai.

Terdapat juga opak gendar yang dibuat dari nasi, jenis lainnya yang juga bisa anda jajal adalah opak santir. Opak santir ini memiliki bentuk seperti keripik. Ada juga opak ilat yang bentuknya mirip dengan lidah. Berbagai macam opak ini bisa dengan mudah anda dapatkan di daerah Jawa barat. Selain bisa dijadikan sebagai camilan saat anda bersantai, opak juga bisa dijadikan sebagai buah tangan ketika anda berkunjung ke daerah Jawa Barat.

41. Tahu Susu Lembang

Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Susu Lembang

Di Jawa Barat seperti yang kita tahu memiliki banyak olahan tahu. Dan tahu susu hadir dengan bentuk yang mirip dengan tahu pada umumnya. Seperti namanya tahu susu ini memang dicampurkan dengan susu sapi di dalamnya. Untuk bahan utamanya masih menggunakan kacang kedelai tapi ada campurannya. Tahu susu memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga padat pada bagian dalamnya. Rasanya gurih dan sangat nikmat jadi camilan.

Makanan satu ini sebenarnya baru muncul di tahun 2008 ketika Lembang memiliki hasil susu yang melimpah. Tahu susu merupakan makanan khas Jawa barat dan daerah asalnya dari Lembang seperti namanya. Tambahan susu ini tidak hanya membuat rasanya makin nikmat, namun juga menambah kandungan gizi di dalamnya. Jika dilihat dari tampilannya, tahu susu ukurannya mirip dengan tahu Sumedang yang kecil tapi padat tidak kopong.

Dengan tekstur seperti ini membuat anda bisa merasa lebih kenyang ketika mengkonsumsinya. Dan anda bisa membelinya di satu cabang saja di daerah Lembang. Harga yang ditawarkan untuk panganan unik ini terbilang murah. 12 butir tahu susu dijual sekitar Rp. 10 ribuan. Tahu ini dijual dalam keadaan mentah, sehingga nanti anda butuh untuk menggorengnya lebih dahulu. Harga yang dibandrol tentunya bisa berubah sewaktu waktu.

42. Kerupuk Melarat Cirebon

Makanan Khas Jawa Barat - Kerupuk Melarat

Makanan satu ini terkenal di Cirebon dan menjadi bagian dari makanan khas dari Jawa Barat. Namanya terdengar unik, dimana melarat berarti miskin. Bukan berarti setelah makan dan membeli kerupuk ini langsung membuat miskin. Namun disebut sebagai kerupuk melarat dikarenakan bahan yang digunakan untuk kerupuk ini sangat sederhana. Bahan utamanya hanyalah aci sama dengan makanan lain dari Jawa Barat.

Menariknya lagi menggoreng kerupuk ini tidak menggunakan minyak seperti kerupuk pada umumnya. Kerupuk akan disangrai dengan menggunakan pasir yang telah dipanaskan. Karena proses dan bahan inilah yang kemudian membuat namanya menjadi kerupuk melarat. Semuanya dilakukan secara sederhana namun menghasilkan makanan yang kini bisa menjadi ciri khas. Rasanya juga renyah, dan nikmat buktinya menjadi makanan yang diburu.

Di Cirebon atau sekitarnya, anda akan dengan mudah mendapatkan kerupuk melarat ini. Selain ditemukan di toko oleh-oleh, anda juga bisa menemukannya di pasar pasar tradisional. Kerupuk ini sangat nikmat jika ditambahkan dengan sambal petis atau sambal lainnya agar makin lezat. Harga yang ditawarkan untuk kerupuk ini juga terbilang murah. Apalagi dalam satu kemasan isinya sangat banyak dan bisa juga dijadikan buah tangan.

43. Colenak

Makanan Khas Jawa Barat - Colenak

Mungkin bagi warga Jawa Barat nama kudapan Colenak tidak asing. Mengingat makanan satu ini merupakan makanan khas Sunda yang keberadaannya sudah mendunia. Colenak sendiri merupakan kepanjangan dari dicocol enak. Pertama kali kudapan ini diracik oleh Murdi seorang putra daerah Bandung asli. Dan colenak ini juga menjadi bagian sejarah ketika KAA di tahun 1955 di Bandung diadakan. Murdi sendiri jualan sudah dari tahun 1930.

Colenak merupakan kudapan yang terbuat dari tapai singkong yang kemudian dibakar. Jika tapai sudah masak, tapai ini akan disajikan dengan saus gula jawa. Jangan lupakan adanya campuran kelapa muda yang diparut. Seperti namanya cara menikmati makanan ini dengan cara mencocol tapainya dengan saus gula merahnya. Kudapan yang simple dan sederhana ini menjadi makanan khas Jawa Barat yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Kehadirannya di masa sekarang juga semakin beragam dan bervariasi. Anda bisa menemukan beraneka rasa seperti durian, original dan nangka. Tidak hanya nikmat, makanan ini juga dibandrol dengan harga yang terbilang murah. Sehingga peminat colenak ini juga semakin banyak. Colenak bahkan kerap hadir sebagai menu di hajatan atau ketika sedang bersantai. Mengunjungi Bandung, jangan sampai melewatkannya.

44. Doclang

Makanan Khas Jawa Barat - Doclang

Kota Bogor juga memiliki menu yang menarik untuk jadi pelengkap wisata kuliner anda. Makanan tradisional ini berisikan ketupat, telur, kentang dan tahu yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Yang membuatnya unik, ketupat yang digunakan untuk doclang dibungkus menggunakan daun patat. Jika dilihat sekilas makanan ini mirip dengan batagor namun rasanya lebih pedas. Makanan satu ini banyak penggemarnya meskipun cukup sulit menemuinya.

45. Dodol Garut, Oleh-oleh Khas Jawa Barat

Oleh-oleh Khas Jawa Barat - Dodol Garut

Dodol Garut, kami yakin semua sudah tahu dengan jajanan satu ini dan hampir tiap orang yang pergi ke Jawa Barat pasti pulangnya membawa oleh-oleh dodol garut. Dodol garut mempunyai rasa khas yang manis dengan berbagai pilihan rasa seperti cokelat, susu, durian, wijen dan lainnya. Bahan untuk membuat dodol garut ini berupa tepung beras ketan, gula jawa dan pasir serta santan kelapa.

Bahan tambahan lain biasanya diperlukan untuk menentukan rasanya. Dalam pembuatannya semua bahan akan dijadikan satu dalam kuali besar dan dimasak menggunakan api sedang. Untuk kemudian diaduk secara terus menerus untuk memperoleh hasil yang bagus. Lama pemasakannya kurang lebih memakan waktu sekitar 4 jam.

Dari ulasan mengenai makanan khas Jawa Barat diatas, kita bisa menyimpulkan jika ada banyak variasi makanan. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan yang bisa dijadikan camilan ketika santai. Sebagian makanan juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika anda pulang nantinya. Masakan khas Jawa Barat lebih banyak memiliki rasa pedas dan juga gurih. Sementara untuk jajanannya lebih banyak menggunakan aci sebagai bahannya. Semoga informasinya bermanfaat dan anda sudah bisa ada gambaran kira-kira makanan yang mana yang ingin dicicipi atau beli.

Leave a Comment