Makanan Khas Cilacap

Ketika menyebut kota Cilacap yang ada di propinsi Jawa Tengah, hal pertama yang terlintas di pikiran yaitu penggunaan bahasa Sunda kengapak ngapakan yang terdengar unik di telinga. Sembari belajar bahasanya, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Cilacap sebagai penyempurnanya. Aneka kulinernya, siap membuat lidah bergoyang dengan cita rasa khas yang ditawakannya. Daripada kebingungan memilih salah satunya, simak dulu daftar rekomendasi berikut.

1. Tahu Masak

Tahu Masak Cilacap

Jika dilihat sepintas, kuliner satu ini memang serua dengan kupat tahu dari Cirebon. Untuk bisa membedakannya, anda bisa mengintip apa saja isian yang ditawarkan. Sebab tahu masak ini berisikan tahu yang digoreng, lalu ditambahkan dengan aneka sayur mayur serta irisan kubis dan seledri sebagai pelengkapnya. Ketika menyantapnya, anda bisa merasakan kekayaan rasa yang ditawarkan oleh kuliner satu ini.

Rasa yang dimunculkan cukup beragam seperti manis, asam, pedas namun juga gurih dalam satu waktu. Dengan keunikan rasa yang ditawarkannya, wajar saja bila kuliner satu ini kerap diburu oleh para pecintanya. Berbekal uang sekitar 10 ribuan, kuliner dengan porsi pas ini akan memanjakan perut sedari tadi berbunyi. Anda pun dapat menemukannya mudah, karena sudah banyak warung makan yang menyediakan menu populer satu ini.

2. Brekecek

Brekecek Cilacap

Salah satu masakan khas Cilacap yang dikenal akan kelezatannya ini, cukup populer diburu oleh para pelancong. Bahan utama dalam pembuatannya yaitu kepala ikan Jahan yang ditambahkan dengan aneka bumbu rica rica. Semua bahannya tersebut akan dimasak bersama hingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa sedap. Yang membuat kuliner satu  ini semakin diminati yaitu cara mengkonsumsinya.

Cara makan kuliner satu ini cukup unik, pasalnya anda harus menyeruput bagian kepalanya untuk menikmatinya. Tertarik mencoba sensasi berbeda ketika menyantap ikan ? Langsung saja datang ke warung makan brekecek Phatan bu Widi yang berlokasi di Kabupaten Cilacap. Hanya dengan membayarkan sekitar 22 ribuan per porsinya, dijamin anda akan mendapatkan kepuasan yang tiada banding.

3. Sate Martawi Cilacap

Sate kerap menjadi hidangan favorit yang bisa ditemukan di berbagai daerah, salah satunya dapat ditemukan di Cilacap. Namun sate khas Cilacap ini berbeda dengan kebanyakan sate pada umumnya, pasalnya daging dipotong berbentuk dadu dan disajikan dalam ukuran cukup besar. Banhkan karena terlalu besar, dibutuhkan dua tusuk sate agar bsia menampung berat dari dagingnya.

Sebelum masuk pada proses pembakaran, daging akan dilumuri dengan bumbu terlebih dahulu. Dari proses itulah, daging terasa lebih gurih dan nikmat meski dikonsumsi tanpa tambahan saus kacang. Bahkan saus kacangnya sendiri lebih encer daripada biasanya, namun tidak mengurangi kelezatannya sendiri. Uniknya lagi, daging satenya yang lembut  disajikan bersama dengan acar.

4. Lotek Cilacap

Kuliner yang tak kalah populer diburu oleh para pelancong ketika singgah di kota Cilacap adalah Lotek. Sajian utamanya berupa daun kangkung, tauge, dan juga bayam yang akan disiramkan dengan bumbu kacang pedas. Sebagai pelengkapnya, ditambahkan pula dengan tempe mendoan, kerupuk merah, dan ikan asin untuk menambah kenikmatannya. Meski rasanya hampir serupa seperti Lotek khas Yogyakarta, hanya saja lotek Cilacap tidak menggunakan telur rebus.

Ketika mencobanya pertama kali, mungkin anda akan terkejut dengan wangi kencurnya yang terasa begitu kuat. Pada gigitan pertama pula, anda bisa merasakan ada rasa gurih nan asam yang mampu memberikan aroma khas yang tidak ditemukan di kuliner khas Cilacap lainnya. Apabila penasaran dengan rasanya yang mengundang selera, silahkan datang ke waung lotek Bu Ririn yang berada di depan kantor BPRS.

5. Tempe Dages

Dibuat menggunakan kacang kedelai yang akan digoreng bak membuat tempe mendoan. Hanya saja warna tempe Dages terlihat putih kehitaman, karena memang terbuat dari ampas tahu yang kemudian difermentasikan terlebih dahulu sebelum diolah. Sedangkan jika dibandingkan dari segi rasa, tempe satu ini lebih mirip seperti tempe gembus. Apabila tertarik membelinya, anda bisa mendapatkannya di pedagang kaki lima.

6. Lepet Ketan

Lepet Ketan merupakan salah satu jajanan tradisional yang sering disajikan sebagai pelengkap acara selametan, seperti upacara tujuh bulan sang ibu mengandung anak pertamanya. Konon masyarakat mempercayai bila rasa lepet tersebut, dapat mempengarui jenis kelamin dari sang calon bayi. Apabila lepet yang dikonsumsi terasa asin, maka anak yang berada di kandingan berjenis laki laki.

Sedangkan rasa lepet akan menjadi tawar ketika sang ibu mengandung anak perempuan. Meski sering dijajakan untuk ucapara tertentu, bukan berarti anda tidak bisa mencicipinya di hari biasa. Sebab anda masih bisa menemukannya dijajakan di pasar tradisional pada pagi hari. Dibandingkan dengan lepet ketan dari daerah lain, ukuran jajanan khas Cilacap ini tergolong lebih besar  bak sebuah lontong.

7. Keripik Sukun

Keripik yang terbuat dari buah sukun ini terasa gurih dan bikin ketagihan sejak gigitan pertama. Uniknya kerupuk satu ini terasa asin meski tanpa ditambahi garam sebelumnya dan terasa empuk di bagian tengahnya. Cukup mudah untuk menemukannya, pasalnya keripik populer ini banyak dijajakan di berbagai depot makanan ringan ataupun toko oleh oleh. Dikemas dengan apik dan lebih praktis, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Cilacap.

8. Tahu Brontak

Tampilannya boleh sama dengan tahu isi, namun soal cita rasa nampaknya tahu brontak lebih unggul. Sebab tektur bagian dalam dan luarnya lebih kering , sehingga terasa renyah ketika disantap. Teksturnya yang renyah, ternyata dikarenakan tahu dicelupkan ke dalam kuah santan yang telah ditambahkan dengan berbagai bumbu halus sebelum digoreng. Sehingga ketika disantap, akan ada efek suara gurih yang meningkatkan nafsu makan.

Tertarik mencobanya namun bingung dimana membelinya ? Tak perlu panik terlebih dahulu, karena pasalnya depot yang menjajakan mendoan juga menyediakan tahu brontak sebagai menu tambahannya. Kuliner satu ini terasa semakin nikmat ketika disantap dalam keadaan hangat dan baru saja selesai keluar dari tempat penggorengan. Dijamin rasa dari tahu ini, akan terus menghantui pikiran agar mengkonsumsinya lagi dan lagi.

9. Abon Tuna

Jika umumnya abon terbuat dari daging sapi yang dihaluskan, maka Cilacap memiliki produk abon berbahan dasar ikan tuna. Dibandingkan dengan abon pada umumnya, tektur abon terasa lebih lembut di mulut dan terasa menggiurkan dengan warnanya yang kecoklatan. Untuk memperkaya rasa, daging tuna yang telah dihaluskan akan diberikan aneka bumbu halus. Pemberian bumbunya juga berperan sebagai pengawet alami, sehingga abon akan bertahan lebih lama.

Dikemas dalam wadah khusus dan bisa langsung disantap, dengan kata lain abon tuna ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan bagi kerabat maupun keluarga di rumah. Tak perlu kebingungan mencari tempat yang menjajakannya, pasalnya abon tuna telah dijual di  berbagai toko khusus oleh oleh. Bahkan sudah tersedia berbagai kemasan dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Puas menjelajah setiap sudut kota Cilacap, jangan lupa mengisi energi kembali dengan mampir mencicipi kulinernya yang lezat. Banyaknya varian makanan khas Cilacap yang wajib dicicipi, ada baiknya pilih sesuai dengan selera masing masing. Tak perlu khawatir akan rasanya, sebab sejak gigitan pertama anda akan dibuat ketagihan untuk mengkonsumsinya kembali. Selain itu, jangan lupa untuk membeli buah tangan sebagai pelengkapnya.