Cara Memasak Nasi Agar Pulen Dengan Rice Cooker

Seiring berjalannya waktu, memasak nasi semakin mudah dengan adanya bantuan alat canggih bernama rice cooker. Hanya saja, rasa dan kualitas nasi dianggap lebih tinggi ketika menggunakan cara tradisional. Lalu bagaimana cara memasak nasi agar pulen dengan rice cooker? Agar nasi menjadi pulen dan sedap disantap, ada beberapa trik yang bisa diterapkan. Daripada penasaran, ikuti trik berikut.

Cara Memasak Nasi Agar Pulen Dengan Rice Cooker

1. Memilih Beras Berkualitas Tinggi

Sebelum masuk ke tahap lebih lanjut, penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih beras terbaik agar hasilnya pulen. Sebab kualitas beras yang digunakan, akan sangat berpengaruh pada hasil penanakan nasinya sendiri. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui dan memperhatikan ciri ciri beras berkualitas baik ketika hendak membelinya. Apa saja ciri ciri beras dengan kualitas jempolan ?

Ciri ciri beras berkualitas baik terlihat dari warnanya yang putih alami namun masih ada sedikit warna kekuningan, tidak menggumpal, tidak berbau apek, tidak ada kutu ataupun semut, serta baunya wangi bak susu atau pandan. Dengan kualitas yang ditawarkan, jangan heran jika patokan harga yang diberikan cukup tinggi daripada jenis beras lainnya. Meski begitu, pemilihan beras berkualitas akan setara dengan hasil yang didapatkan.

2. Proses Pencucian Beras

Pencucian beras tak kalah penting dalam serangkaian proses menanak nasi. Oleh sebab itu, pastikan bahwa beras telah dicuci hingga bersih tanpa ada kotoran yang tertinggal. Hanya saja, masyarakat masih mempercayai bila mencuci beras hingga airnya bening sebaiknya tidak dilakukan. Padahal belum ditemukan adanya penelitian yang mengatakan bila mencuci beras hingga bersih akan menghilangkan gizi di dalamnya.

Daripada kebingungan, tidak ada salahnya untuk mengambil jalan tengah sebagai alternatifnya. Jika memang ingin menanak nasi untuk sekali santap, ada baiknya untuk mencuci beras maksimal 2 kali saja. Apabila berniat menanak nasi untuk dikonsumsi seharian, ada baiknya mencuci beras hingga bersih agar nasi lebih tahan lama. Sebab hal ini juga termasuk serangkaian cara memasak nasi agar pulen dengan rice cooker yang baik.

3. Takaran Air Penting Diperhatikan

Setiap beras tidak bisa diperlakukan sama rata, pasalnya sebagian jenis beras mampu bertahan di air namun sebagiannya lagi tidak. Oleh karenanya, silahkan kenali karakteristik dari jenis beras yang akan dimasak terlebih dahulu. Dengan mengenalinya, anda dapat memperkirakan takaran air yang sesuai agar nasi pulen dan tidak lembek ketika disantap. Umumnya masyarakat menggunakan satu ruas jari tenggelam sebagai takarannya.

4. Memperhatikan Garis Ukur Pada Panci Rice Cooker

Kini anda tak perlu lagi khawatir bagaimana cara mudah agar nasi menjadi pulen ketika menanak nasi menggunakan rice cooker. Pasalnya setiap panci rice cooker, umumnya telah disematkan dengan garis takaran khusus yang akan membantu penggunanya menghasilkan rasa nasi yang mantap. Jika mengikuti sesuai takarannya, dijamin nasi akan dinanak dengan sempurna bak menggunakan cara tradisional.

5. Mengaduk Nasi Setelah Matang

Setelah nasi matang, jangan terburu buru menyajikan atau menyantapnya terlebih dahulu. Ada baiknya menunggu beberapa saat lalu aduk nasi sebelum disajikan, agar sisa air yang masih terjebak di dalam butiran nasi akan menguap. Dengan kata lain, hal ini membantu nasi agar tetap awet dan dapat dikonsumsi untuk seharian penuh. Apabila tidak mempercayainya, silahkan terapkan tips berikut dan lihatlah hasilnya.

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok untuk memuaskan perut yang keroncongan. Bahkan sebagian orang merasa seakan belum kenyang jika belum menyantap nasi sebagai makanan utamanya. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui bagaimana cara memasak yang tepat agar nasi tetap pulen meski menggunakan rice cooker. Dengan hanya mengetahui triknya, dijamin rasa nasi akan terasa lezat dan mampu menambah nafsu makan.