Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Dan Tetap Hijau

Berbicara mengenai pohon pepaya, hal yang terlintas di pikiran adalah buahnya yang segar nan manis dan baik bagi tubuh. Ternyata tak hanya buahnya saja, sebab daun pepaya juga tak kalah populer dijadikan sebagai santapan lezat yang kaya akan gizi. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyukainya lantaran rasanya yang pahit. Bagaimana cara memasak daun pepaya agar tidak pahit dan tetap hijau? Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini :

Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

1. Direbus Menggunakan Jambu Biji

Selain dikonsumsi buahnya, ternyata daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyerapan rasa pahit ketika hendak mengolah daun pepaya. Nantinya daun jambu biji akan direbus bersamaan dengan daun pepaya dengan cara diikat agar tidak berhamburan. Hanya membutuhkan segenggam daun jambu biji muda, dijamin rasa pahit dari daun pepaya akan menghilang.

Selagi merebus kedua jenis daun tersebut, jangan lupa untuk membolak balikkan daunnya agar matang dengan sempurna. Setelah matang, segera tiriskan daun pepayanya dan buang daun jambu bijinya. Daun pepaya yang telah masak bisa disiram menggunakan air rebusan daun sebelumnya hingga benar benar bersih. Dengan cara ini, dijamin anda dapat menyantap daun pepaya tanpa merasa was was ada rasa pahit yang muncul.

2. Direbus Menggunakan Daun Senggani

Meski dianggap sebagai tanaman liar, nyatanya daun senggani dapat menjadi cara alternatif agar daun pepaya tidak terasa pahit. Daun tersebut akan menyerap segala zat yang membuat daun pepaya menjadi pahit agar lebih banyak orang yang menyukainya. Caranya menggunakannya pun cukup mudah, dimana bunda hanya perlu mengambil sepucuk daun senggani lalu ikat dan rebus bersamaan dengan daun pepaya.

Selama proses perebusan, jangan lupa untuk membolak balikkan daun pepaya dan lakukan hingga airnya telah mendidih sempurna. Setelahnya, tiriskan daun pepaya kemudian siram rebusan daunnya menggunakan air dingin. Sedangkan daun senggani harus dibuang agar tidak ikut tertelan ketika dikonsumsi. Jika tidak mempercayainya, buktikan sendiri cara memasak daun pepaya agar tidak pahit dan tetap hijau satu ini.

3. Memanfaatkan Tanah Lempung

Alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan tanah lempung. Bahkan menurut kepercayaan, cara satu ini sudah lama diterapkan oleh masyarakat adat Jawa. Untuk bisa melakukannya, bunda hanya perlu merebus air bersih hingga mendidih lalu masukkan daun pepaya beserta segenggam tanah lempung disaat yang bersamaan.

Setelah daun sudah matang, segera tiriskan dan pastikan mencuci daun pepaya hingga bersih tanpa ada tanah lempung yang menempel. Hanya saja cara ini dianggap sulit jika diterapkan di masa sekarang, mengingat tidak mudahnya menemukan tanah lempung seperti dahulu. Namun jika bunda menemukannya, tidak ada salahnya mencobanya terlebih dahulu daripada penasaran tanpa pernah mencobanya sekalipun.

4. Merendam Bersamaan dengan Asam Jawa

Dibalik rasanya yang asam, ternyata bahan masakan satu ini ini cukup ampuh diterapkan agar rasa pahit pada daun pepaya dapat dihilangkan. Hal yang perlu dilakukan pun cukup mudah, dimana bunda hanya perlu mencuci daun pepaya hingga bersih lalu iris dan masukkan ke dalam wadah tertentu. Setelahnya, barulah taburkan asam jawa ke dalam wadahnya kemudian tunggu hingga 20 menitan lalu pisahkan keduanya.

Meski kaya akan manfaat, banyak yang menolak ketika disajikan kuliner dari daun pepaya. Alasannya pun cukup sederhana, yang mana tak lain dan tak bukan hanya karena rasa daunnya yang cenderung pahit karena mengandung senyawa alkanoid karpain. Padahal jika mengetahui cara pengolahannya, daun pepaya akan memiliki rasa yang lezat yang tak terbayangkan sebelumnya. Daripada penasaran, silakan cobalah trik cara memasak daun pepaya agar tidak pahit dan tetap hijau dari ulasan diatas, semoga bermanfaat.