Cara Memasak Bandeng Agar Durinya Lunak

Ikan bandeng menjadi salah satu jenis ikan favorit untuk dikonsumsi karena rasanya yang lezat dan kaya akan gizi. Sayangnya pembuatan bandeng tidak dapat dilakukan secara sembarangan, mengingat banyaknya duri di dalam tubuhnya. Agar menyantap bandeng tanpa was was, penting untuk mengetahui bagaimana cara memasak bandeng agar durinya lunak terlebih dahulu. Daripada penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Cara Memasak Bandeng Agar Durinya Lunak

1. Mempersiapkan Semua Bahan

Sebelum masuk ke tahapan terpenting, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai bahan dalam pembuatan presto bandeng. Bahan apa saja yang harus dipersiapkan ? Bahan pembuatan presto bandeng terdiri dari 1 butir telur kocok, 400 ml liter minyak goreng, daun pisang secukupnya, air bersih, dan tidak lupa 1 ekor ikan bandeng sebagai pemeran utamanya. Ketika semua bahan tersebut telah siap, maka anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya.

2. Menyiapkan Semua Bumbu Halus

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan, yaitu memastikan semua bumbu halusnya telah tersedia. Untuk membuat bumbu halusnya diperlukan 2 cm kunyit, garam secukupnya, 3 butir kemiri yang disangrai terlebih dahulu, 2 sendok teh ketumbar, dan 5 siung bawang putih sebagai pelengkapnya. Semua bumbu tersebut perlu dipersiapkan, untuk meningkatkan cita rasa ketika proses cara memasak bandeng agar durinya lunak sedang berjalan.

3. Persiapkan Sambal Sebagai Pelengkap

Hanya ditambahkan bumbu halus saja daging bandeng sudah memiliki cita rasa khas. Namun rasa dagingnya akan semakin lezat, jika dipadukan dengan pedasnya sambal sebagai pelengkapnya. Terutama bagi pencinta masakan pedas, akan terasa kurang jika mengkonsumsi aneka lauk tanpa adanya kehadiran si sambal. Oleh karenanya, pastikan untuk tidak lupa membuat sambal karena memiliki peran penting dalam menaikkan nafsu makan.

Apa saja aneka bumbu yang harus dipersiapkan untuk membuat sambalnya ? Setidaknya bumbu yang harus tersedia terdiri dari 1 sendok teh terasi bakar maupun goreng, 4 sendok makan minyak sayur, 1 sendok teh garam, 150 gram cabai merah berukuran besar, 4 siung bawang putih dan 8 butir bawang merah yang direbus, dan tidak lupa 15 buah cabai rawit merah rebus. Setelah semua bumbunya telah tersedia, segera ulek dan tiriskan di wadah khusus.

4. Cara Mudah Memasak Ikan Bandeng

Setelah semua bumbunya telah lengkap, saatnya untuk mengolah daging bandeng dengan cara dipresto. Sebelum masuk ke tahap berikutnya, silahkan bersikan kotoran ikan beserta sisiknya terlebih dahulu. Kemudian siapkan daun pisang yang masih muda untuk diletakkan pada dasar panci presto, dimana daun tersebut akan berfungsi sebagai alas ikan bandengnya. Ketika daun pisang sudah tertata rapi, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.

Ketika semua bagian tubuh ikan telah terlumuri dengan bumbu halus, tuangkap air bersih ke dalam alat prestonya hingga sang ikan terendam sempurna. Jika airnya dirasa sudah cukup, segera tutup panci presto lalu masak sekitar 20 atau 30 menitan sebagai rangkaian cara agar durinya menjadi lunak dan dapat dikonsumsi. Setelahnya tiriskan bandeng dan siapkan telur untuk diambil putihnya, dan lumurkan pada setiap badan bandeng lalu goreng hingga matang.

Karena pencabutan duri pada bandeng memerlukan biaya yang tidak sedikit, maka presto bisa menjadi alternatifnya. Ketika menggunakan cara memasak ini, dijamin duri akan menjadi lebih lunak dan dapat dikonsumsi tanpa takut akan melukai mulut ataupun tenggorokan. Ketika duri melunak, maka menyantap daging bandeng dapat dilakukan dengan hikmat. Agar lebih lezat, jangan lupa menyantapnya bersama dengan nasi hangat beserta sambalnya.