Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Apakah anda sedang ingin berjualan di shopee namun tidak punya barang? Jangan khawatir, karena sekarang anda bisa jualan di shopee tanpa perlu stok barang caranya adalah dengan sistem dropship. Dropship merupakan cara berjualan dimana kita menjual produk orang lain tanpa perlu stok barang, jadi ketika ada orang yang mau beli kita tinggal teruskan saja rincian pembeliannya kepada orang yang punya barang atau sering disebut supplier. Untuk cara jualan di shopee tanpa stok barang atau dropship sendiri dikutip dari vaz.biz.id ada beberapa langkah yang perlu kita persiapkan dan lakukan, diantaranya adalah :

1. Cari Produk dan Suppliernya

Sebelum memulai jualan anda tentukan terlebih dahulu produk apa yang kiranya mau anda jual, jika mungkin masih bingung menentukannya maka anda bisa lihat daftar produk di shopee yang terlaris disitu anda akan menemukan produk apa saja yang banyak dibeli dan bisa menjadi referensi untuk anda mau jualan produk apa. Setelah anda menentukan produknya selanjutnya adalah tinggal mencari supplier produk tersebut.

Untuk supplier bisa anda cari misal di tokopedia, carilah penjual dengan minimal reputasi gold dan akan lebih baik yang sudah diamond serta pilihlah yang memiliki respon cepat atau sangat cepat. Kumpulkan dulu beberapa daftar penjual dengan reputasi seperti tersebut untuk kemudian kita saring lagi. Dikarenakan sekarang ini shopee sudah menggunakan sistem resi otomatis maka jika ada pesanan kita tidak bisa order lewat tokopedia dan harus order langsung ke suppliernya dalam hal ini misal kita order via whatsapp.

Nah dari beberapa daftar supplier yang sudah kita kumpulkan tadi kita cari yang support resi otomatis, caranya adalah dengan chat satu-satu dan tanyakan apakah support resi otomatis atau tidak, kalau iya tinggal anda minta kontak nomor teleponnya untuk keperluan order produk nantinya.

2. Buat Akun Toko di Shopee

Setelah kita menemukan produk dan suppliernya langkah berikutnya adalah membuat akun di shopee. Hal yang perlu anda persiapkan adalah email, nomor handphone dan nama toko yang ingin anda gunakan. Untuk membuat akun ini bisa dilakukan via website shopee atau melalui aplikasi shopee di HP anda. Setelah akun anda buat tinggal di setting pada bagian toko saya dan atur nama toko sesuai dengan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, lengkapi pula pada bagian deskripsi toko dan gambarnya.

3. Masukkan Rekening Bank, Alamat Supplier dan Jasa Pengiriman

Selanjutnya yang perlu anda lakukan pada halaman seller shopee adalah memasukan data rekening bank kita, dan pada bagian alamat pengiriman diisi sesuai alamat supplier jangan alamat pribadi kita, hal ini karena nantinya pengiriman barang dilakukan oleh supplier. Pada bagian jasa pengiriman juga pilihlah sesuai ekspedisi pengiriman yang digunakan oleh supplier kita.

4. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Hal yang tidak kalah pentingnya jika ingin jualan di shopee adalah mengaktifkan fitur gratis ongkir supaya pembeli bisa menggunakan voucher gratis ongkir yang disediakan shopee di toko kita. Untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir ini anda perlu melakukan verifikasi KTP terlebih dahulu dan prosesnya minimal memerlukan waktu 1 x 24 jam setelah itu nanti anda akan mendapatkan notifikasi bila fitur gratis ongkir sudah aktif di toko kita.

5. Upload Produk

Ketika semua langkah 1 sampai 4 sudah selesai dilakukan maka selanjutnya adalah kita upload produk yang dijual supplier di toko shopee kita. Tips dalam upload produk ini adalah usahakan gunakan judul dan foto produk yang berbeda dengan supplier kita, buatlah foto semenarik mungkin dan lengkapi deskripsinya selengkap mungkin. Isi semua data yang diperlukan sesuai dengan kondisi produk yang kita jual.

Demikian tadi adalah cara jualan di shopee tanpa stok barang, jadi walaupun kita tidak punya barang sendiri kita tetap bisa jualan dan menghasilkan keuntungan di shopee. Cara ini tentu bisa menjadi rekomendasi usaha yang bisa anda coba ditengah sulitnya mencari pekerjaan dalam masa pandemi korona seperti sekarang ini. Semoga saja artikel kali ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya, terima kasih.