Inilah Solusi Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Hewan rayap memang cukup menjengkelkan apabila sudah mulai menggerogoti perabot dan bagian rumah kita yang terbuat dari kayu. Selain membuat keropos tentu saja hal ini bisa membahayakan kondisi rumah kita. Pemilihan jenis dan kualitas kayu memang sangat menentukan keberlangsungan perabot rumah kita, namun memang untuk kualitas yang terbaik tentu saja ada biaya mahal yang perlu dikeluarkan. Untuk mencegah agar kayu tidak dimakan rayap, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan diantaranya yaitu :

1. Dengan Menggunakan Solar

Cara pertama yang bisa kita lakukan agar kayu tidak dimakan rayap adalah dengan menggunakan solar. Penggunaan solar pada kayu sudah cukup lama diterapkan karena cukup ampuh membuat kayu lebih awet. Biasanya sebelum kayu digunakan untuk membuat bahan bangunan, furniture dan yang lainnya kayu akan terlebih dahulu dilapisi atau olesi dengan solar dan didiamkan beberapa hari agar meresap keseluruh bagian kayu. Dengan cara ini diyakini kayu akan lebih bebas dari rayap dan hewan sejenis lainnya.

2. Merendam Kayu di Lumpur

Cara satu ini juga cukup sering digunakan, dimana biasanya setelah kayu dipotong-potong akan direndam ke dalam lumpur selama kurun waktu sekitar 6 bulan atau lebih sebelum nantinya diolah menjadi bahan furniture dan perabot lainnya. Beberapa jenis kayu yang menggunakan metode ini diantaranya ada kayu jati, mahoni, sengon, mirah dan lainnya.

3. Dengan Metode Pengasapan

Cara berikutnya agar kayu lebih awet dan tahan lama dari pengaruh cuaca dan bahaya rayap adalah dengan metode pengasapan dari hasil pembakaran. Caranya adalah dengan meletakan kayu diatas pembakaran yang memiliki cukup banyak asap dengan tujuan mengurangi kadar air dalam kayu sehingga nantinya kayu menjadi kering sempurna dan lebih kuat hasilnya.

4. Menggunakan Pelapis Kayu

Agar kayu tidak dimakan rayap kita juga bisa melengkapinya dengan pelapis kayu. Jenis pelapis kayu ini ada beberapa macam, dari mulai pelapis anti hama, cat biasa, pelitur, hingga vernis yang bisa dipakai sebagai penolak rayap. Penggunaannya bisa dengan cara disemprotkan sebelum kayu diolah, dan setelah jadi baru dilapisi lagi dengan cat tambahan, metode seperti ini biasa dinamakan dengan metode pra dan pasca konstruksi.

5. Merandam Kayu di Sungai

Cara terakhir adalah dengan merendam kayu disungai, cara ini bertujuan supaya kayu menyerap air dan memicu keluarnya zat ekstraktif yang terdapat dalam kayu. Dengan cara ini pula akan membuat kandungan pati kayu akan menurun, dimana kandungan ini biasanya yang menjadi makanan para rayap dan hewan sejenis lainnya.

Itulah beberapa cara agar kayu tidak dimakan rayap, yang kadang menjadi permasalahan adalah ketika ternyata bagian rumah kita yang terbuat dari kayu sudah dimakan rayap tanpa kita sadari, kalau sedikit mungkin tidak terlalu masalah namun kalau rayap sudah menyebar kemana-mana pastinya akan bikin pusing. Maka disinilah anda perlu jasa basmi rayap yang handal untuk mengatasinya, karena akan sangat merepotkan jika kita mengatasinya sendiri.